5 Tugas Seorang Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Di dalam dunia bisnis, tugas seorang marketing untuk pemasaran suatu produk ataupun jasa itu sangat penting. Ini terkait dengan kelangsungan bisnis yang digeluti. Untuk memasarkan produk atau jasa, dibutuhkan oleh seseorang yang berkemampuan bagus dan ahli dalam bidang pemasaran. Biasanya perusahaan akan merekrut seorang marketing.

5 Tugas Seorang Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Walaupun dianggap sebelah mata, pekerjaan ini sangat menantang. Tugas seorang marketing amat kompleks tetapi dengan satu tujuan yaitu memasarkan produk sebanyak – banyaknya. 

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen 

Ada beberapa tugas seorang marketing yang harus Anda ketahui. Hal ini akan menjadi gambaran tepat bagi Anda yang ingin menggeluti bidang marketing ini. Salah satu tugasnya adalah mampu memenuhi kebutuhan dan juga keinginan konsumen dan khalayak luas. Tugas marketing memang menawarkan barang ataupun jasa kepada konsumen tetapi jika dilihat lebih lanjut marketing ini sangat erat kaitannya dengan pelayanan konsumen. Marketing bertugas seperti sebuah jembatan antara konsumen dan perusahaan melalui produk ataupun jasa yang diciptakannya. 

Baca juga:  5 Fakta Manfaat Internet Marketing saat ini

2. Merencanakan Suatu Produk 

Sebagai seorang marketing yang baik tak ada salahnya Anda belajar internet marketing. Internet marketing ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang marketing saat ini agar bisa memasarkan produk secara luas dan tidak ketinggalan jaman. Tugas lain sebagai marketing adalah merencanakan suatu produk tertentu. Ini adalah tugas dasar yang harus dikuasai. Anda harus paham produk macam dan seperti apa saja yang harus dipasarkan kepada masyarakat luas. Anda juga harus jeli mengamati kondisi pasar saat ini dan keinginan konsumen. 

3. Menetapkan Harga Produk 

Tugas marketing lainnya adalah menetapkan harga suatu produk atau jasa. Walaupun Anda seorang marketing, Anda tetap harus mampu menetapkan harga produk sendiri sesuai dengan kondisi pasar dan kualitas barang yang dijual. Sebelum menetapkan harganya, maka Anda bisa mencari perbandingan di pasar mengenai produk yang mirip dan sejenis apakah harga segitu layak di jual di pasaran. 

4. Merencanakan Kegiatan Promosi 

Tugas ini juga menjadi salah satu yang harus dikuasai sebagai seorang marketing. Kegiatan promosi harus berjalan lancar dan sukses sehingga Anda harus merancang dan merencanakan kegiatannya. Anda harus paham jenis promosi yang diinginkan, detail, dan konsepnya. Anda juga bisa memakai media pemasaran dalam kegiatan promosi tersebut. 

Baca juga:  Trik Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

5. Melayani Konsumen Setulus Hati 

Menjadi seorang marketing akan berhubungan langsung dengan konsumen. Maka sebagai seorang marketing, Anda harus bisa melayani konsumen dengan ramah dan baik. Hal ini dimaksudkan agar konsumen nyaman dan paham dengan penjelasan yang disampaikan. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen respect terhadap tugas seorang marketing sehingga bisa menarik perhatian untuk membeli dan mencoba produk yang Anda jual. Itulah tadi beberapa tugas marketing yang harus Anda pelajari bila Anda tertarik untuk menjadi marketing profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *