Tutorial belajar Sintaks Dasar C++

Tutorial belajar Sintaks Dasar C++

Ketika kita mempertimbangkan program C ++, itu dapat didefinisikan sebagai kumpulan objek yang berkomunikasi melalui memanggil metode masing-masing. Mari kita sekarang secara singkat melihat apa arti kelas, objek, metode, dan variabel instan.

  • Objek – Objek memiliki status dan perilaku. Contoh: Seekor anjing memiliki status – warna, nama, jenis dan perilaku – mengibas, menggonggong, makan. Objek adalah turunan dari kelas.
  • Class – Class dapat didefinisikan sebagai templat / cetak biru yang menggambarkan perilaku / menyatakan bahwa objek mendukung tipenya.
  • Metode – Metode pada dasarnya adalah perilaku. Kelas dapat berisi banyak metode. Itu dalam metode di mana logika ditulis, data dimanipulasi dan semua tindakan dijalankan.
  • Variabel Instans – Setiap objek memiliki set variabel instance yang unik. Keadaan objek dibuat oleh nilai yang ditetapkan untuk variabel instan ini.

Struktur Program C ++

Mari kita lihat kode sederhana yang akan mencetak kata-kata Hello World.

#include <iostream>
using namespace std;
// main() is where program execution begins.
int main() {
   cout << "Hello World"; // prints Hello World
   return 0;
}

Mari kita lihat berbagai bagian dari program di atas –

  • Bahasa C ++ mendefinisikan beberapa header, yang berisi informasi yang diperlukan atau berguna untuk program Anda. Untuk program ini, header <iostream> diperlukan.
  • Baris menggunakan namespace std; memberitahu kompiler untuk menggunakan namespace std. Ruang nama adalah tambahan yang relatif baru untuk C ++.
  • Baris berikutnya ‘ // main () adalah tempat eksekusi program dimulai. ‘adalah komentar satu baris yang tersedia di C ++. Komentar baris tunggal dimulai dengan // dan berhenti di akhir baris.
  • Line int main () adalah fungsi utama di mana eksekusi program dimulai.
  • Baris berikutnya cout << “Hello World”; menyebabkan pesan “Hello World” ditampilkan di layar.
  • Baris berikutnya mengembalikan 0; mengakhiri fungsi utama () dan menyebabkannya mengembalikan nilai 0 ke proses panggilan.
Baca juga:  Belajar Dasar Local Environment Setup C++

Kompilasi dan Jalankan Program C ++

Mari kita lihat bagaimana cara menyimpan file, kompilasi dan jalankan program. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini –

  • Buka editor teks dan tambahkan kode seperti di atas.
  • Simpan file sebagai: hello.cpp
  • Buka prompt perintah dan pergi ke direktori tempat Anda menyimpan file.
  • Ketik ‘g ++ hello.cpp’ dan tekan enter untuk mengkompilasi kode Anda. Jika tidak ada kesalahan dalam kode Anda, prompt perintah akan membawa Anda ke baris berikutnya dan akan menghasilkan file executable a.out.
  • Sekarang, ketik ‘a.out’ untuk menjalankan program Anda.
  • Anda akan dapat melihat ‘Hello World’ dicetak di jendela.
$ g++ hello.cpp
$ ./a.out
Hello World 

Pastikan g ++ ada di jalur Anda dan Anda menjalankannya di direktori yang berisi file hello.cpp.

Anda dapat mengkompilasi program C / C ++ menggunakan makefile.

Titik koma dan Blok di C ++

Dalam C ++, titik koma adalah terminator pernyataan. Artinya, setiap pernyataan individu harus diakhiri dengan tanda titik koma. Ini menunjukkan akhir dari satu entitas logis.

Sebagai contoh, berikut adalah tiga pernyataan berbeda –

x = y;
y = y + 1;
add(x, y);

sama dengan

x = y; y = y + 1; add(x, y);

C ++ Identifier

Pengidentifikasi C ++ adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi variabel, fungsi, kelas, modul, atau item yang ditentukan pengguna lainnya. Identifier dimulai dengan huruf A hingga Z atau a ke z atau garis bawah (_) diikuti dengan nol atau lebih huruf, garis bawah, dan digit (0 hingga 9).

Baca juga:  Apa Itu Bahasa Pemrograman, Fungsi, Dan Contohnya

C ++ tidak mengizinkan karakter tanda baca seperti @, $, dan% dalam pengidentifikasi. C ++ adalah bahasa pemrograman case-sensitive. Dengan demikian, Tenaga Kerja dan tenaga kerja adalah dua pengidentifikasi yang berbeda dalam C ++.

Berikut adalah beberapa contoh pengidentifikasi yang dapat diterima –

mohd       zara    abc   move_name  a_123
myname50   _temp   j     a23b9      retVal

Kata Kunci C ++

Daftar berikut menunjukkan kata-kata yang dipesan di C ++. Kata-kata yang dicadangkan ini tidak boleh digunakan sebagai konstan atau variabel atau nama pengenal lainnya.

asmelsenewthis
autoenumoperatorthrow
boolexplicitprivatetrue
breakexportprotectedtry
caseexternpublictypedef
catchfalseregistertypeid
charfloatreinterpret_casttypename
classforreturnunion
constfriendshortunsigned
const_castgotosignedusing
continueifsizeofvirtual
defaultinlinestaticvoid
deleteintstatic_castvolatile
dolongstructwchar_t
doublemutableswitchwhile
dynamic_castnamespacetemplate 

Trigraph

Beberapa karakter memiliki representasi alternatif, yang disebut urutan trigraph. Trigraph adalah urutan tiga karakter yang mewakili karakter tunggal dan urutan selalu dimulai dengan dua tanda tanya.

Baca juga:  Dasar-Dasar Java dan Cara menginstal java

Trigraph diperluas di mana pun mereka muncul, termasuk dalam string literal dan literal karakter, dalam komentar, dan dalam arahan preprosesor.

Berikut ini adalah urutan trigraph yang paling sering digunakan –

TrigraphPenggantian
?? =#
?? /\
??^
??[
??)]
??!|
?? <{
??>}
?? –~

Semua kompiler tidak mendukung trigraph dan mereka tidak disarankan untuk digunakan karena sifatnya yang membingungkan.

Spasi di C ++

Baris yang hanya berisi spasi putih, mungkin dengan komentar, dikenal sebagai baris kosong, dan kompiler C ++ sama sekali mengabaikannya.

Whitespace adalah istilah yang digunakan dalam C ++ untuk menggambarkan kekosongan, tab, karakter baris baru, dan komentar. Whitespace memisahkan satu bagian dari pernyataan dari yang lain dan memungkinkan kompiler untuk mengidentifikasi di mana satu elemen dalam pernyataan, seperti int, ujung dan elemen berikutnya dimulai.

Pernyataan 1

int age;

Dalam pernyataan di atas harus ada setidaknya satu karakter spasi putih (biasanya spasi) antara int dan usia agar kompiler dapat membedakannya.

Pernyataan 2

fruit = apples + oranges;   // Get the total fruit

Dalam pernyataan di atas 2, tidak ada karakter spasi putih yang diperlukan antara buah dan =, atau antara = dan apel, meskipun Anda bebas untuk memasukkan beberapa jika Anda ingin tujuan keterbacaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *