Produk Tidak Muncul di Shopee? Ini Alasannya! |

  • Whatsapp

Meskipun telah menjadi marketplace terpopuler di masyarakat, namun banyak penjual yang mengeluhkan produk tidak muncul di shopee walaupun sudah di upload.

Untuk itu artikel ini akan membahas secara lengkap tentang alasan dan bagaimana cara mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Namun, sebelum membahas pemasalahan tersebut, ada baiknya kamu memahami bahwa shopee merupakan marketplace yang bisa membantu kamu untuk memajukan bisnismu.

Itulah sebabnya kamu harus jeli memanfaatkan peluang dalam mengembangkan bisnis online dengan berjualan di Shopee.

Merintis bisnis online Shopee membuatmu harus sigap mengatasi berbagai masalah teknis, salah satunya saat produk tidak muncul di Shopee.

Jangan lupa meluangkan waktu menggunakan fitur pencarian produk di Shopee untuk mencari tahu posisi produk yang kamu jual.

Sehingga kamu bisa lekas mencari penyebab dan mengatasi masalah yang membuat produk tidak muncul di pencarian Shopee.


1. Produk Sedang Dalam Proses Peninjauan

Produk tidak muncul di shopee
Sumber: WisKlik

Shopee memiliki aturan yang ketat saat meninjau produk yang baru diunggah.

Tujuannya tentu saja untuk meminimalkan kemunculan produk-produk baru yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan Shopee.

Biasanya Shopee membutuhkan waktu maksimal 2 x 24 jam untuk meninjau produk sebelum menerima atau menolak unggahan produk tersebut.

Kamu mesti bersabar jika menemukan notifikasi tentang status produk Anda sedang diperiksa Shopee.


2. Produk yang Diunggah Memuat Informasi Kontak Penjual

Ketika mengunggah produk di Shopee, sebaiknya kamu tidak mencantumkan link, nomor telepon, atau kontak lainnya yang mengarahkan transaksi di luar Shopee.

Hal tersebut juga bisa dianggap sebagai pelanggaran sehingga produk tidak muncul di Shopee.

Bahkan, seller Shopee yang terbukti mengarahkan transaksi di luar Shopee akan dikenakan poin penalti.

Akumulasi poin penalti akan merugikan kamu sebagai seller karena kamu akan kesulitan mengikuti program tertentu di kemudian hari (misalnya flash sale atau layanan iklan berbayar Shopee).

Baca juga: Mau Pembeli Auto Follow Shopee Kamu? Ini Tipsnya!


3. Produk yang Diunggah Terindikasi Melanggar Ketentuan Shopee

Ada tiga kategori produk yang tak boleh diunggah di Shopee karena termasuk pelanggaran:

  • Produk dilarang: menjual produk yang dilarang Shopee dan atau menggunakan halaman produk lama untuk mempromosikan produk baru.
  • Produk imitasi: menjual produk imitasi, melanggar hak kekayaan intelektual, atau mengunggah produk yang mengandung merek dagang terdaftar tanpa izin.
  • Spam: mengunggah produk yang sama berkali-kali, menjual produk dengan harga jauh lebih murah atau jauh lebih mahal daripada standar pasar, menyertakan atribut informasi yang tidak akurat.

4. Produk Shopee Diblokir

Sumber: Shopymatic

Kalau status produk Shopee sedang diperiksa sudah menunjukkan hasil penolakan karena terindikasi mengandung pelanggaran, kamu harus memperbaiki pelanggaran tersebut dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

Tanpa memperbaiki pelanggaran, produkmu akan diblokir dan tidak dapat diubah lagi di kemudian hari.

Sebaiknya kamu menghapus produk yang terindikasi mengandung pelanggaran dan mengunggahnya kembali sambil memperbaiki pelanggaran yang dimaksud.

Kamu bisa mengecek alasan pemblokiran produk dengan masuk ke menu Seller Shopee Centre. Lalu klik Produk, pilih opsi Pelanggaran Saya, dan opsi Diblokir.

Kemunculan fitur Pengelolaan Produk Diblokir akan memuat info tentang nama produk, status produk, batas waktu, tipe pelanggaran, alasan pelanggaran, dan saran.


5. Produk Shopee Diarsipkan

Shopee biasanya melakukan pengarsipan produk secara otomatis jika toko online yang menjual produk tersebut mengalami penurunan interaksi dalam waktu lama.

Namun, kamu tidak perlu terlalu mengkawatirkan hal yang satu ini. Produkmu akan kembali muncul di hasil pencarian jika interaksi toko online sudah meningkat.

Baca juga: Cara Iklan di Shopee Agar Jualan Laris Manis


6. Produk Gagal Dimuat

Produk tidak muncul di shopee
Sumber: Twitter

Masalah yang membuat produk gagal dimuat di Shopee biasanya disertai notifikasi “Produk gagal dimuat.

Mohon untuk memuat ulang halaman”. Dua faktor gangguan teknis yang menyebabkan produk tidak muncul di Shopee adalah sebagai berikut:

  • Server Shopee Error (down): gangguan ini sering terjadi bila Shopee mengalami lonjakan pengunjung secara bersamaan, terutama pada momen diskon besar-besaran.
  • Koneksi internet tidak stabil sehingga menyebabkan gambar dan informasi produk hilang sebagian atau bahkan hilang sama sekali.
  • Jika produk tidak muncul di Shopee karena gangguan teknis, sebaiknya kamu menunggu beberapa saat hingga koneksi internet stabil dan Shopee bisa diakses secara lancar.

Baca juga: Cara Dropship Aliexpress ke Shopee, Bagaimana Caranya?


Bagaimana Cara Mengatasi Produk yang Tak Kunjung Muncul di Shopee?

Jika produk Shopee yang kamu unggah tak kunjung muncul, kamu bisa menghubungi tim Shopee melalui beberapa cara berikut ini:

  • Layanan chat 24 jam via aplikasi Shopee.
  • Call center 24 jam di nomor 1500702.
  • Mengirim email melalui website Shopee dengan estimasi balasan 1-2 hari.

Beberapa informasi penting yang mesti kamu lampirkan saat menghubungi tim Shopee yaitu username, nomor ID produk, nama produk, dan kata pencarian yang digunakan.

Ketelitianmu dalam mengatasi masalah produk tidak muncul di pencarian Shopee sangat penting untuk mendukung performa toko online.

Karena kamu berpeluang menjadi top seller Shopee bila kamu tidak pernah melakukan pelanggaran saat mengunggah produk.

Selain mempelajari cara berjualan di Shopee dengan benar, jangan lupa menyiapkan modal yang memadai agar bisnis online terus berkembang.

Bila kamu sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, kamu bisa mengandalkan KoinBisnis.

KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang bertujuan membantu para pebisnis yang butuh tambahan modal.

Kamu tak perlu khawatir soal masalah legalitasnya karena KoinBisnis terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu berkesempatan mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga tidak membuatmu menunggu lama.

Pembayaran cicilan setiap bulan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual.



Ikuti


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *