Kenali Perbedaan Penjualan dan Pemasaran Bisnis

Teknologi saat ini memang berkembang sangat pesat bahkan anda sudah bisa menjangkau dunia hanya berbekal ponsel saja. Dampak teknologi ternyata juga berpengaruh pada sektor bisnis salah satunya internet marketing yang memungkinkan anda untuk dapat melakukan proses jual beli hanya bermodal handphone saja. 

Kenali Perbedaan Penjualan dan Pemasaran Bisnis

Sebelum anda memulai berbisnis online ada baiknya anda belajar internet marketing karena ini merupakan ilmu dasar yang sangat anda perlukan saat memulai bisnis online. Apalagi saat ini sungguh tidak mudah menjadi penjual atau internet marketer  yang handal karena banyaknya saingan. Selain saingan sebagian besar penjual juga tidak paham bagaimana cara kerja penjualan ini untuk itu anda memang harus mengetahui ilmu dasar tersebut. 

Hal yang pertama harus anda ketahui bahwa ada beda penjualan dan pemasaran. Jadi trik yang harus anda gunakan saat berbisnis juga berbeda agar anda dapat memaksimalkan proses penjualan dan pemasaran. Pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan dan bertujuan memasarkan suatu produk, kunci dari pemasaran adalah komunikasi yang cukup baik. Karena pemasaran memang bertujuan memberikan informasi kepada konsumen serta menarik perhatian konsumen agar konsumen mau membeli produk tersebut.

Baca juga:  5 Fakta Manfaat Internet Marketing saat ini

Sistem yang terdapat dalam pemasaran juga cukup luas karena selain kunci dari komunikasi juga harus mengutamakan kepaduan sistem, sistem tersebut diantaranya bagaimana produk anda akan dibuat, berapa harga yang akan anda patok, bagaimana cara promosi yang harus anda lakukan agar dapat menarik minat pembeli serta bagaimana cara pendistribusian produk agar dapat sampai ke konsumen. 

Seorang tenaga pemasaran yang baik bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses ini, karena ini merupakan salah satu proses vital dalam bisnis selain penjualan. Tenaga pemasaran harus memiliki skill yang cukup baik tentang pemasaran itu sendiri baik dari segi produk yang dijual, harga yang ditawarkan, tempat yang cocok untuk penjualan produk tersebut agar mudah dijangkau oleh pembeli, cara promosi yang tepat, proses pemasaran hingga orang yang terlibat dalam pemasaran produk. Bahkan seorang tenaga pemasaran juga harus menyediakan bukti fisik terkait produk yang telah dipasarkannya. 

Jika sebelumnya diungkap tentang penjualnya, ada lagi beda penjualan dan pemasaran yang harus anda ketahui. Kali ini tentang penjualan yang merupakan sebuah kegiatan yang dijalankan oleh sales sebagai bagian dari proses pemasaran. Bedanya jika bagian penjualan, mereka memiliki target yang harus dicapai. Untuk itu kerja sama antara bagian penjualan dan pemasaran memang harus bersinergi. Karena seorang penjual sebagai fungsi lanjutan pemasaran harus bisa menarik pembeli untuk membeli produk mereka serta meyakinkan kepada pembeli bahwa produk mereka memang cukup bagus. Jadi beda penjualan dan pemasaran, penjualan hanya fokus pada jumlah produk terjual dan pemasaran fokus pada strategi.

Baca juga:  Belajar Internet Marketing itu Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *