Mengenal Lebih Dekat Dengan Konsep Dasar Pemrograman

Konsep Dasar Pemrograman

Komputer tentunya tidak dapat berjalan dengan semestinya ketika tidak ada intruksi yang diberikan kepada komputer tersebut. Nah, intruksi-intruksi inilah yang selanjutnya disebut dengan program. Namun tahukah anda apa itu pemrograman? Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pemrograman dan konsep dasar pemrograman.

Apa itu pemrograman?

Pemrograman adalah sebuah kumpulan perintah ke komputer agar dapat mengerjakan sesuatu, dan instruksinya menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer sendiri adalah bahasa mesin. Selain itu komputer hanya dapat mengenal angka 0 dan angka 1. Untuk bahasa perantara yang digunakan manusia dalam memberikan instruksi kepada komputer tentunya disebut dengan bahasa pemrograman. Nah, jika anda tertarik mengenal lebih dekat dengan pemrograman ini, maka tidak ada salahnya jika anda bisa mengenal konsep dasar pemrograman hingga 

belajar bahasa pemrograman dasar.

Setelah anda mengetahui apa itu pemrograman, maka saatnya anda mengenal konsep dasar pemrograman. Pada dasarnya program komputer merupakan simulasi digital yang berasal dari suatu model konseptual dan seringkali menjadi begitu rumit. Tujuan kerja programmer adalah dapat memecahkan kerumitan ini yang kemudian diolah menjadi bentuk yang sangat mudah dimengerti serta ditampilkan melalui antarmuka untuk para pemakai. Nah, konsep dasar pemrograman sendiri meliputi input, proses, dan output. 

  • Input, adalah proses memasukkan data ke komputer memakai perangkat input (keyboard, mouse, dan sebagainya)
  • Jika data sudah diinputkan, selanjutnya akan diproses memakai perangkat processing yang terdiri dari: menghitung, membandingkan, kemudian mengurutkan, mengelompokkan, hingga mencari perangkat penyimpanan.
  • Data yang telah diproses kemudian ditampilkan berupa informasi dari perangkat output (monitor, speaker, dan sebagainya). 
Baca juga:  Mengenal Berbagai Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Web

Walaupun anda sudah mengenal konsep dasar pemrograman tersebut, tetapi konsep tersebut sudah dikembangkan lagi yang meliputi originating, input, proses, output, hingga distribution.

  • Originating, adalah pengumpulan data dan biasanya adalah pencatatan data sebelum dilakukannya proses input.
  • Di tahap input, seperti pada pembahasan di atas, yaitu data-data akan dimasukkan pada proses komputer dengan menggunakan peralatan input.
  • Proses, data akan diolah dari berbagai data yang telah diinput.
  • Output, yang merupakan tahap dalam menghasilkan keluaran sesuai proses pengolahan data dan selanjutnya dikeluarkan ke peralatan output yang berbentuk informasi.
  • Distribusi, adalah proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang memang berhak dalam memperoleh serta membutuhkan informasi tersebut. 

Terdapat satu lagi komponen penting yang perlu anda ketahui. Komponen tersebut adalah storage. Storage sendiri merupakan tahapan yang akan merekam hasil pengolahan data, yang nantinya digunakan pada proses input selanjutnya. 

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai konsep dasar pemrograman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *