Belajar Dasar Local Environment Setup C++

Belajar Dasar Local Environment Setup C++

Local Environment Setup

Jika Anda masih ingin mengatur environment Anda untuk C ++, Anda harus memiliki dua perangkat lunak berikut di komputer Anda.

jika anda belum tau Apa itu C++ bisa baca artikel sebelumnya, atau klik disini.

Editor Teks

Ini akan digunakan untuk mengetik program Anda. Contoh beberapa editor termasuk Windows Notepad, perintah Edit OS, Brief, Epsilon, EMACS, dan vim atau vi.

Nama dan versi editor teks dapat bervariasi pada sistem operasi yang berbeda. Misalnya, Notepad akan digunakan di Windows dan vim atau vi dapat digunakan di windows serta Linux, atau UNIX.

File yang Anda buat dengan editor Anda disebut file sumber dan untuk C ++ mereka biasanya diberi nama dengan ekstensi .cpp, .cp, atau .c.

Editor teks harus ada untuk memulai pemrograman C ++ Anda.

C ++ Compiler

Ini adalah kompiler C ++ yang sebenarnya, yang akan digunakan untuk mengkompilasi kode sumber Anda ke dalam program final yang dapat dieksekusi.

Baca juga:  Belajar Dasar Tipe Data C++

Sebagian besar kompiler C ++ tidak peduli ekstensi apa yang Anda berikan ke kode sumber Anda, tetapi jika Anda tidak menentukan sebaliknya, banyak yang akan menggunakan .cpp secara default.

Kompiler yang paling sering digunakan dan gratis adalah kompiler GNU C / C ++, jika tidak, Anda dapat memiliki kompiler dari HP atau Solaris jika Anda memiliki Sistem Operasi yang sesuai.

Menginstal GNU C / C ++ Compiler

Instalasi UNIX / Linux

Jika Anda menggunakan Linux atau UNIX maka periksa apakah GCC diinstal pada sistem Anda dengan memasukkan perintah berikut dari baris perintah –

$ g++ -v

Jika Anda telah menginstal GCC, maka pesan itu akan dicetak seperti berikut –

Using built-in specs.
Target: i386-redhat-linux
Configured with: ../configure --prefix=/usr .......
Thread model: posix
gcc version 4.1.2 20080704 (Red Hat 4.1.2-46) 

Jika GCC tidak diinstal, maka Anda harus menginstalnya sendiri menggunakan petunjuk terperinci yang tersedia di https://gcc.gnu.org/install/

Instalasi Mac OS X

Jika Anda menggunakan Mac OS X, cara termudah untuk memperoleh GCC adalah dengan mengunduh lingkungan pengembangan Xcode dari situs web Apple dan ikuti petunjuk pemasangan yang sederhana.

Baca juga:  Memahami Konsep Dasar Pemrograman Java

Xcode saat ini tersedia di developer.apple.com/technologies/tools/ .

Instalasi Windows

Untuk menginstal GCC di Windows Anda harus menginstal MinGW. Untuk menginstal MinGW, buka beranda MinGW, www.mingw.org , dan ikuti tautan ke halaman unduh MinGW. Unduh versi terbaru dari program instalasi MinGW yang harus dinamai MinGW- <version> .exe.

Saat memasang MinGW, minimal, Anda harus menginstal gcc-core, gcc-g ++, binutils, dan runtime MinGW, tetapi Anda mungkin ingin menginstal lebih banyak.

Tambahkan subdirektori bin dari instalasi MinGW Anda ke variabel lingkungan PATH Anda sehingga Anda dapat menentukan alat ini pada baris perintah dengan nama sederhana mereka.

Ketika instalasi selesai, Anda akan dapat menjalankan gcc, g ++, ar, ranlib, dlltool, dan beberapa alat GNU lainnya dari baris perintah Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *