Belajar Konsep Dasar Pemrograman dengan Mudah

Belajar Konsep Dasar Pemrograman dengan Mudah

Seblum kita membahas konsep dasar pemrograman saya akan bahas kemampuan teknologi saat ini. Kemampuan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Hampir segala sesuatu dilakukan dengan sistem komputerisasi. Komputer adalah alat yang bisa melaksanakan rangkaian perintah dasar atau bisa disebut pula dengan instruction set. Agar komputer bisa menjalankan tugasnya, maka harus diberikan perintah yang berbentuk perintah-perintah dasar.

Didalam komputer ada juga yang disebut dengan program komputer. Program komputer adalah rangkaian perintah-perintah dalam bahasa komputer yang telah disusun secara logis dan sistematis.

Untuk bisa melakukan pemrograman pada komputer, terlebih dahulu harus belajar bahasa pemrograman dasar agar tidak terjadi kesalah. Selain itu, kita juga harus tahu dan mengenal konsep dasar pemrograman pada komputer. 

Pengertian pemrograman 

Sebelum mengenal konsep dasar pemrograman ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu apakah pengertian dari pemrograman itu sendiri. Sebenarnya, pengertian dari pemrograman adalah suatu kumpulan perintah-perintah untuk komputer dalam menjalankan sesuatu, yang mana kumpulan-kumpulan perintah tersebut menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa-bahasa ini dikenal dengan bahasa pemrograman. Apakah kalian penasaran dan ingin menjadi programmer? Namun, sebelum itu mari kita simak beberapa macam konsep dasar pemrograman dibawah ini. 

Baca juga:  Apa Itu Bahasa Pemrograman, Fungsi, Dan Contohnya

Apa Saja Konsep Dasar pemrograman 

Pada umumnya konsep dasar pemrograman terdiri dari tiga bagian yaitu Input, Proses, Output atau disingkat dengan IPO. Namun kemudian dikembangkan menjadi enam bagian yaitu Originating, input, proses, output, distribution, storage. Dibawah ini adalah masing-masing penjelasan dari konsep dasar pemrograman tersebut: 

  • Originating 

Originating adalah sebuah konsep dasar pemrograman yang berkaitan dengan pengumpulan data yang pada umumnya adalah pencatatan data kedokumenan dasar. 

  • Input 

Setelah melalui proses originating maka selanjutnya adalah proses input. Pada tahapan ini terjadi proses pemasukan data ke dalam proses komputer. Untuk memasukkan data-datanya maka diperlukan peralatan input. 

  • Proses 

Setelah melewati tahapan input, maka konsep dasar pemrograman selanjutnya adalah proses. Proses merupakan proses pengolahan data dari beberapa data yang telah di input. Ada beberapa hal yang harus dilakukan pada tahapan proses ini yaitu menghitung, mengurutkan, membandingkan, mengendalikan, mengklasifikasikan, dan juga mencari storage. 

  • Output

Setelah melewati tahapan proses maka selanjutnya adalah tahapan output. Output merupakan proses dimana hasil-hasil keluaran dari proses-proses pengolahan data sebelum tahapan output ini menuju ke peralatan output. Yang termasuk sebagai output antara lain adalah informasi yang berupa monitor, speaker dan lain-lain. 

  • Distribution 
Baca juga:  Dasar-Dasar Java dan Cara menginstal java

Setelah berhasil melewati tahapan output, tahapan selanjutnya adalah distribution atau distribusi. Dalam tahap ini adalah proses dimana dilakukan penyebaran informasi-informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan tapi juga kepada pihak-pihak yang berhak mendapatkan informasi.

  • Storage

Tahapan terakhir dari konsep dasar pemrograman ini adalah storage. Tahap ini adalah tahap perekaman hasil data storage yang selanjutnya bisa digunakan pada proses-proses input selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *