Memahami Konsep Dasar Pemrograman Java

Memahami Konsep Dasar Pemrograman Java

Saat mempelajari konsep dasar pemrograman, maka anda juga perlu memahami dengan baik mengenai konsep dasar dari pemrograman Java. Nah, untuk itu langsung saja berikut pembahasan selengkapnya untuk anda.

Memahami konsep dasar pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi OOP yaitu Object Oriented Programming, yang tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Contohnya saja adalah sebuah motor. Nah motor ini merupakan object yang tentunya terbentuk dari beberapa objek lebih kecil seperti roda, stang, mesin, dan sebagainya, yang semuanya saling terhubung, berinteraksi, serta berkomunikasi satu sama lainnya. Tentunya konsep dasar pemrograman Java ini adalah inheritance, polimorfisme, hingga interface. Untuk anda yang tertarik belajar bahasa pemrograman dasar ini, maka berikut akan diberikan sedikit gambaran mengenai konsep dasar tersebut. 

Pewarisan

Tahukah anda bahwa dalam OOP anda bisa menciptakan objek baru yang tentunya diturunkan dari objek lain, yang sering disebut juga dengan objek turunan, sedangkan objek induknya disebut dengan ancestor. Pada dasarnya seseorang melakukan pewarisan (inheritance) agar dapat membuat suatu class baru yang masih mempunyai spesifikasi atau sifat dari superclass. Beberapa aturan mengenai pewarisan yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Java hanya memperkenankan single inheritance. 
  • Subclass juga sebagai class biasa, sehingga anda tetap bisa melakukan pewarisan di subclass ini.
  • Suatu parent class bisa tidak mewariskan sebagian dari membernya terhadap subclass-nya.  
Baca juga:  Tutorial belajar Sintaks Dasar C++

Polimorfisme

Nah, konsep dasar pemrograman Java selanjutnya adalah polimorfisme. Polimorfisme merupakan suatu proses kebanyak rupaan, yaitu anda bisa mengimplementasikan sesuatu hal berbeda dengan satu cara yang sama. Contohnya adalah terdapat 5 orang penyanyi (yang dianggap di dalam program terdiri oleh 5 objek). Selanjutnya kelima objek ini anda perintahkan bernyanyi, sehingga implementasi atau hasilnya akan berbeda sesuai karakteristik suara dari setiap penyanyi tersebut. Tentunya dalam OOP sendiri hal ini dinamakan dengan polimorfisme.  

Interface

Interface merupakan konsep dasar pemrograman Java selanjutnya yang perlu anda ketahui. Interface merupakan jenis khusus dari blok dan hanya berisi method signature. Interface mendefinisikan signature (sebuah) dari sebuah kumpulan method, namun tanpa tubuh. Tentunya interface mendefinisikan sebuah cara umum dan standar untuk menetapkan berbagai sifat dari class-class. Menyediakan class-class, tetapi tanpa memperhatikan lokasinya di hirarki class. Anda bisa menggunakan interface ini ketika anda ingin class yang tidak berkaitan mengimplementasikan method yang sama. Dengan interface-interface ini, maka anda bisa menangkap kemiripan yang tidak berhubungan diantara class tanpa membuatnya seperti class yang berhubungan.

Baca juga:  Dasar-Dasar Java dan Cara menginstal java

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai konsep dasar pemrograman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *