Ketahui Perkembangan Sejarah Bahasa Pemrograman

Ketahui Perkembangan Sejarah Bahasa Pemrograman

Sejarah Bahasa Pemrograman !! Penemuan dari bahasa pemrograman ternyata muncul bersamaan dengan komputer. Sehingga dapat dikatakan bahwa komputer dan bahasa pemrograman adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena sebuah komputer dapat berfungsi dengan baik ketika terdapat program di dalamnya. Nah, bagaimanakah sejarah bahasa pemrograman ini? Berikut ulasannya untuk anda. 

Sebelum 1940

Perkembangan sejarah bahasa pemrograman di jaman ini adalah bahasa pemrogramannya yang masih berbentuk kode-kode menggunakan bahasa mesin. Nah, bahasa mesin ini adalah bahasa yang terdiri oleh kode-kode mesin, namun hanya bisa diinterpretasikan secara langsung oleh mesin komputer. Bisa dikatakan bahwa bahasa mesin yang satu ini merupakan bahasa tingkat rendah.

Periode 1940-an

Di tahun ini komputer bertenaga listrik dibuat, yang selanjutnya terciptalah bahasa assembly. Bahasa ini merupakan bahasa simbol yang berasal dari bahasa mesin. Dan perlu diketahui bahwa setiap kode bahasa mesinnya mempunyai simbol tersendiri seperti ADD untuk penjumlahan, Move yang digunakan untuk memindahkan isi data, SUB untuk pengurangan, hingga MUL untuk perkalian. 

Baca juga:  Penjelasan Tentang Apa itu API dan Definisinya

Periode 1950-an hingga 1960-an

Pada 1950 ternyata sudah dibuat bahasa pemrograman modern, dan sudah tersebar luas hingga kini yang memakai istilah seperti bahasa manusia, misalnya WRITE untuk menulis, READ untuk membaca, dan sebagainya. Untuk perkembangan sejarah bahasa pemrograman berikutnya bahasa tingkat tinggi terdiri oleh beberapa metode pemrograman seperti Object Oriented Programing dan Procedural Programing. Bisa terlihat bahwa dari sejarah bahasa pemrograman ini letak perbedaannya adalah pada OOP seluruh task akan dijalankan sesuai ke dalam object dan procedural programing program akan dijalankan dengan cara menggabungkan variabel, yang saling berhubungan.

Periode 1967 hingga 1978

Diantara periode ini telah membawa pengaruh besar untuk perkembangan bahasa pemrograman. Nah, kebanyakan pola bahasa pemrograman yang banyak digunakan seperti Semula yang ditemukan di akhir 60-an, C sebagai tahapan awal pada sistem bahasa pemrograman, Smalltalk yang menyajikan desain ground-up lengkap, ML yang membangun sebuah sistem polimorfis, hingga Prolog yang didesain pada 1977 sebagai bahasa pemrograman logika pertama. 

Periode 2000-an sampai sekarang

Perkembangan sejarah bahasa pemrograman saat ini memiliki kecenderungan para vendor dalam menggiring programmer hanya menggunakan produk mereka agar dapat membuat program walaupun anda sendiri merasa hal ini sulit untuk membuat program hanya menggunakan satu bahasa pemrograman. Walaupun begitu, ada dua konsepsi besar yang terdapat pada periode ini, yaitu kemudahan yang berbasis visual yang mulai digiring terhadap basis internet hingga mobile. Dan konsepsi kedua adalah konsep yang ditawarkan oleh Sun Microsystem melalui produknya JDK, J2ME, Java, yaitu decompile menggunakan satu bahasa pemrograman (java).  

Baca juga:  7 Jenis Variabel C++ yang Anda Harus Ketahui

Nah, untuk anda yang memang sangat tertarik belajar bahasa pemrograman dasar, jangan lupa untuk mengetahui sejarah bahasa pemrograman seperti pada pembahasan di atas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *