Mengenal Jenis Jenis Bahasa Pemrograman

Jenis Bahasa Pemrograman

Seperti yang diketahui jika setiap bahasa pemrograman web memiliki kegunaannya masing-masing. Nah, ada ratusan kode yang tentunya dimanfaatkan dalam mendukung pembuatan bahasa pemrograman. Untuk lebih jelasnya, yuk mengenal lebih dekat dengan jenis jenis bahasa pemrograman seperti pada pembahasan di bawah ini.

Jenis Bahasa Pemrograman

  1. Python

Tahukah anda bahwa hampir sebagian besar programmer menyebutkan untuk anda yang masih pemula, maka anda perlu mempelajari salah satu jenis jenis bahasa pemrograman web ini. Hal ini dikarenakan Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, bahkan tidak menuntut anda agar 100% akurat. Python biasanya dipakai oleh Google, website video Youtube, Nasa, hingga New York Stock Exchange. Dengan adanya Python, maka anda bisa melakukan berbagai hal, dari mulai membangun RSS Reader, reading dan writing MySQL, programming CGI aplikasi web, dan sebagainya.  

  1. JavaScript

JavaScript merupakan salah satu jenis jenis bahasa pemrograman web yang harus anda ketahui selanjutnya. Nah, untuk anda yang ingin belajar bahasa pemrograman dasar dan menulis bahasa pemrograman untuk situs website, tentunya JavaScript merupakan salah satu pilihan yang dapat anda coba. Perlu diketahui bahwa JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh sebagian situs website. Untuk anda yang sudah memiliki pemahaman HTML dengan baik, tentunya JavaScript jauh lebih mudah untuk anda pelajari. 

  1. Java
Baca juga:  6 Contoh Bahasa pemrograman

Jenis jenis bahasa pemrograman selanjutnya adalah Java. Banyak programmer yang mulai mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini sebagai bahasa pemrograman awal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Java sendiri bisa dengan mudah untuk diterapkan ke bahasa lain, lho! Selain itu, hal yang paling menarik lainnya adalah Java ini dapat diterapkan ke beberapa jenis program yang berbeda, salah satunya adalah video game hingga aplikasi khusus android yang memang menggunakan Java. 

  1. HTML

Kemungkinan saja anda sudah sering mendengar jenis jenis bahasa pemrograman web yang satu ini, bukan? Ya, HTML atau Hyper Text Markup Language adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat situs web. HTML ini tersusun oleh berbagai short codes yang selanjutnya dijadikan sebagai sebuah text agar disimpan ke dalam file HTML. Nah, file inilah yang nantinya dibuka di alat browser, dengan begitu dapat membaca file agar dapat menerjemahkan kode HTML. Untuk jenis editor sederhana HTM seperti Atom, Notepad++, hingga Sublime.  

  1. Bahasa C

Untuk anda yang sudah menguasai bahasa pemrograman dasar, yang selanjutnya ingin sekali meningkatkan keterampilan pemrograman untuk tingkat lanjut, maka jenis jenis bahasa pemrograman yang satu ini bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda coba. Selain banyak digunakan, C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling komprehensif, bahkan begitu diperlukan dalam jangka panjang.  

Baca juga:  Ketahui Perkembangan Sejarah Bahasa Pemrograman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *