6 Contoh Bahasa pemrograman

6 Contoh Bahasa pemrograman

kali ini saya bahas 6 Contoh Bahasa pemrograman. Meskipun kita sudah terbiasa menggunakan komputer, tapi belum tentu kita bisa melakukan pemrograman pada komputer, bahkan banyak orang awam yang tidak tahu bahwa komputer memiliki bahasa-bahasa pemrograman untuk bisa menjalankan tugasnya. Maka dari itu banyak orang yang belajar bahasa pemrograman dasar. Berikut dibawah ini adalah tingkatan bahasa pemrograman beserta contoh Bahasa pemrograman

Tingkat Bahasa pemrograman 

Sebelum lebIh lanjut membahas tentang contoh bahasa pemrograman alangkah baiknya kita mempelajari tingkatan-tingkatan dari bahasa pemrograman. Pada umumnya bahasa pemrograman terdiri dari tingkatan yaitu tinggi, rendah, dan sedang. Berikut dibawah adalah masing-masing penjelasannya. 

  • Bahasa Tingkat Tinggi 

Bahasa pemrograman yang satu ini sudah mendekati bahasa manusia maka dari itu disebut dengan bahasa tingkat tinggi. Contoh nya antara lain adalah Bahasa basic, Java, Pascal, Visual Basic dan lain-lain. 

  • Bahasa Tingkat Menengah 

Disebut sebagai bahasa tingkat menengah karena mereka bisa masuk kedalam bahasa tingkat rendah maupun tinggi. Bahasa yang termasuk dalam kategori ini adalah bahasa C. 

  • Bahasa Tingkat Rendah 
Baca juga:  Mengenal Berbagai Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Web

Disebut dengan bahasa tingkat rendah karena bahasa pada pemrograman ini masih jauh dari bahasa manusia. Yang termasuk kedalam kategori ini adalah Bahasa Assembly. 

Contoh Bahasa pemrograman 

Setelah mengetahui apa itu bahasa pemrograman beserta klasifikasinya, maka sekarang kita akan mempelajari tentang contoh bahasa pemrograman: 

  • Bahasa pemrograman C

Bahasa C ini seringkali digunakan untuk memprogram sistem komputer beserta jaringannya. Meskipun demikian Bahasa C ini juga sering digunakan untuk mengembangkan software aplikasi. 

  • Bahasa pemrograman Java 

Bahasa pemrograman yang satu ini dapat dijalankan di dalam berbagai macam komputer termasuk bisa juga dijalankan di telepon seluler. Namun, kalian harus ingat bahwa bahasa Java dan JavaScript itu dua hal yang sangat jauh berbeda. 

  •  Bahasa pemrograman Python 

Bahasa yang satu ini merupakan  bahasa pemrograman yang dinamis dan fleksibel yang mendukung metode pemrograman berorientasi objek. Phyton bisa dijalankan untuk mendukung perkembangan berbagai macam software dan bisa juga digunakan di berbagai macam platform sistem operasi. 

  • Baahasa pemrograman RUBY 

RUBY merupakan bahasa pemrograman scripting yang mendukung metode pemrograman berorientasi objek. Tujuan dari RUBY adalah menggabungkan semua kelebihan-kelebihan dari seluruh bahasa-bahasa scripting yang ada di bumi ini. 

  • Bahasa Pemrograman SQL (Structured Query Language) 
Baca juga:  7 Jenis Variabel C++ yang Anda Harus Ketahui

Bahasa ini digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini pada umumnya merupakan bahasa standar yang dipakai untuk manajemen basis data relasional. Sekarang ini, hampir seluruh server basis data yang ada menggunakan bahasa pemrograman SQL ini dalam melakukan manajemen data mereka. 

  • Bahasa Pemrograman ColdFusion

Bahasa pemrograman yang satu ini adalah server aplikasi serta framework pengembangan sistem perangkat lunak yang umumnya dipergunakan untuk pengembangan perangkat lunak pada komputer, terlebih lagi pada perkembangan web dinamis. 

Selain contoh bahasa pemrograman yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak lagi contoh bahasa pemrograman yang lain seperti bahasa pemrograman PHP, HTML, COBOL, Microsoft Visual Basic, Visual C++, DELPHI, ASP, dan bahasa pemrograman lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *