Berikut Contoh Algoritma Pemrograman Dasar

Contoh Algoritma Pemrograman Dasar

Dalam dunia programming, tentunya menguasai algoritma merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan algoritma merupakan tumpuan dalam menyelesaikan sebuah persoalan. Namun apa sih algoritma dan seperti apa contoh algoritma pemrograman itu? Yuk, ketahui pada ulasan di bawah ini.

Apa itu algoritma?

Sudahkah anda belajar bahasa pemrograman dasar? Jika sudah, maka anda juga perlu mengetahui apa itu algoritma. Ya, algoritma pemrograman merupakan urutan langkah logis tertentu agar dapat memecahkan suatu masalah. Tentunya hal ini akan ditekankan pada urutan langkah yang logis, yaitu algoritma perlu mengikuti suatu urutan tertentu, serta prosedurnya tidak boleh loncat. Untuk pengertian secara sederhananya adalah algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis untuk penyelesaian masalah yang akan disusun secara sistematis. 

Nah, sebelum membahas contoh algoritma pemrograman dasar, ternyata algoritma ini memiliki beberapa ciri, seperti algoritma memiliki masukan yang berjumlah nol atau lebih, memiliki keluaran yang berjumlah nol atau lebih, setiap langkah perlu didefinisikan secara tepat dan tidak ambigu, perlu berhenti jika sudah mengerjakan sejumlah langkah tertentu, dan algoritma harus efektif. Nah, bagaimana sudah paham kan apa itu algoritma? Untuk itu, berikut contoh algoritma pemrograman dasar.

Baca juga:  Tutorial Java Class dan Object untuk pemula

Mengenal contoh algoritma pemrograman

Tahukah anda bahwa penulisan algoritma tidak tergantung dari kemampuan komputer yang mengeksekusinya dan spesifikasi bahasa pemrogramannya. Nah, notasi algoritma ini bukan notasi bahasa pemrograman, tetapi algoritma bisa diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman. Untuk lebih jelasnya, ketahui contoh algoritma pemrograman di bawah ini.

  • Algoritma Pseudo Code

Contohnya adalah: Algoritma Kelulusan Mhs

Soal: Diberikan data nama dan nilai mahasiswa. Ketika nilai mahasiswa sama atau lebih besar dengan 60, mahasiswa tersebut akan dinyatakan lulus. Namun jika nilai yang diperoleh lebih kecil dari 60, mahasiswa tersebut akan dinyatakan tidak lulus. 

Nah, deklarasi dari tipe data di atas akan dinyatakan seperti berikut ini:

Nama = string, lalu
Nilai = integer, dan
Keterangan = string
Untuk algoritmanya sendiri adalah:
Read (nama, nilai), lalu
if nilai >= 60 then
keterangan = ‘lulus’, lalu
else 
keterangan = ‘tidak lulus’, dan 
write (nama, keterangan)
  • Algoritma narasi

Contoh algoritma pemrograman dasar ini adalah: Algoritma Kelulusan Mhs

Soal: Diberikan data nama dan nilai mahasiswa. Ketika nilai mahasiswa sama atau lebih besar dengan 60, mahasiswa tersebut akan dinyatakan lulus. Namun jika nilai yang diperoleh lebih kecil dari 60, mahasiswa tersebut akan dinyatakan tidak lulus. 

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Dengan Konsep Dasar Pemrograman

Nah, algoritmanya akan dinyatakan seperti berikut ini:

Ketika nilai >= 60, 
Keterangan = lulus
Namun ketika
Keterangan = tidak lulus

Maka tulis nama dan keterangan

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui apa itu algoritma, dan contoh algoritma pemrograman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *