Cara optimasi SEO on Page Lengkap

Cara optimasi SEO on Page. Optimasi SEO on page menjadi salah satu senjata untuk meningkatkan traffic yang hingga kini masih dipertahankan. Hal ini disebabkan karena strategi optimasi SEO on page dan yang lainnya masih memberikan hasil yang sangat menguntungkan bagi pengguna website. Untuk anda yang ingin tahu apa itu strategi SEO on page dan bagaimana penggunaannya, berikut ini adalah ulasannya.

Cara optimasi SEO on Page Lengkap

Apa itu SEO on page?

SEO on page adalah sebuah strategi yang digunakan untuk memberikan petunjuk-petunjuk bagi search engine agar lebih mudah mengenai sebuah halaman. Search engine adalah sebuah mesin pencari yang digunakan oleh orang yang ingin mencari informasi di internet. Search engine yang baik akan memberikan informasi yang relevan sesuai dengan yang diinginkan oleh para pencari.

Salah satu search engine yang hingga saat ini sangat populer dan masih menjadi acuan pembuatan strategi SEO adalah Google. Google menjadi sebuah search engine yang sangat besar dan sangat sukses. Hampir seluruh dunia menggunakan Google untuk mencari informasi di Internet. Hal ini disebabkan karena search engine ini memang reliable untuk menghasilkan SERP atau hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan dari user.

Oleh karena itulah banyak pembuatan artikel SEO friendly menggunakan algoritma sebagai acuan untuk membuat optimasi halaman mereka yang dikenal dengan optimasi SEO on page. Jadi SEO on page adalah sebuah strategi yang digunakan dalam sebuah halaman website untuk mendapatkan perhatian dari search engine yang populer seperti Google.

Pentingnya SEO on page pada sebuah website

SEO on page akan membantu search engine lebih mudah menemukan website anda. Sedangkan bagi website, search engine memiliki peran yang sangat besar.

Hubungan search engine bagi sebuah website

Bagi sebuah website, search engine memiliki peran yang sangat besar. Peran dari sebuah search engine bagi sebuah website antara lain adalah :

Peran search engine untuk membawa audience ke halaman website
Audience adalah hal yang menjadi fokus dari sebuah website. Ketika sebuah website memiliki audience yang besar, maka ia memiliki 2 peluang, yaitu :

Baca juga:  3 Cara Menaikan Rating Blog Secara Organic

Akan menjadi lebih populer

Salah satu tujuan dari sebuah website mencari sebuah audience adalah untuk mendapatkan popularitas. Bagi website, popularitas adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena main populer sebuah website, maka akan lebih mudah baginya untuk direkomendasikan oleh search engine untuk pencarian selanjutnya dengan keyword yang sesuai.

Akan Meningkatkan penjualan

Selain meningkatkan popularitas, website yang memiliki lebih banyak traffic memiliki kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Bagi sebuah perusahaan, website adalah sebuah lahan untuk melakukan promosi. Makin banyak orang yang melihat promosi mereka, maka akan lebih besar potensi mereka untuk mendapatkan konsumen. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang mencari Indonesia belajar SEO untuk pemula karena keuntungan yang diberikannya ini.

Perkembangan search engine

Peran yang dimiliki oleh search engine untuk sebuah website memang sangat besar, oleh karena itu mencari cara kerja dari sebuah search engine dalam mencari sebuah website untuk disajikan pada audience akan membantu memberikan banyak keuntungan bagi website. Oleh karena itu, perkembangan dari algoritma pencarian yang dimiliki oleh search engine menjadi makin penting untuk dilakukan.

Akan tetapi search engine sendiri harus selalu berkembang. Tujuan dari pengembangan algoritma dari search engine adalah untuk memahami kebutuhan user melalui query dan juga menyajikan SERP sesuai dengan maksud dari user. Hal inilah yang menyebabkan algoritma dari sebuah search engine seperti Google selalu berubah yaitu untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen mereka. Oleh karena itu untuk anda yang ingin mencari cara meningkatkan traffic blog, maka pastikan anda mengetahui bagaimana cara kerja dari search engine ini terlebih dahulu.

Hal inilah yang menyebabkan strategi SEO juga selalu berkembang baik itu strategi SEO on page dan off site. Untuk anda yang ingin belajar mengenai SEO on page ini berikut ini adalah ulasannya.

Apakah SEO on page lebih penting dari SEO off site?

SEO on page merupakan strategi SEO yang sangat penting bagi sebuah website dari pada SEO off site. Hal ini disebabkan karena SEO on page akan memberikan banyak manfaat pada website anda. Manfaat tersebut antara lain adalah :

Baca juga:  Strategi Terbaik Cara meningkatkan traffic blog

Membantu search engine mudah mengenali website anda

Merupakan sebuah strategi yang digunakan untuk membuat website lebih mudah dikenali dan lebih mudah menarik perhatian dari sebuah search engine. SEO on page akan membantu anda untuk membuat website dan juga konten yang lebih baik baik dari sudut pandang search engine maupun dari segi audience anda.

Ya, meski anda sudah mendapatkan perhatikan dari search engine dan membuat search engine memunculkan halaman website anda di SERP utama mereka tapi jika kualitas dari konten anda tidak sesuai dengan harapan, maka konsumen tidak akan bertahan lama di website anda.

Waktu yang cukup singkat yang digunakan oleh audience anda untuk membuka dan menutup halaman website anda nantinya akan dihitung menjadi sebuah bounce rate. Bounce rate ini nantinya juga akan mempengaruhi penilaian search engine akan website anda yang akan digunakan sebagai penilaian untuk pencarian selanjutnya.

Memudahkan identifikasi website

SEO on page yang baik juga akan membantu search engine untuk mengidentifikasi dan mengenali website anda adalah website yang relevan dengan pencarian dari konsumen mereka.

Cara Optimasi SEO on Page

Optimasi SEO on page suatu kerangka atau pondasi dasar yang sangat wajib untuk diperhatikan, itu cukup mudah untuk dilakukan. kalo onpage sudah bagus, untuk masuk ke optimasi off page hasil yang akan ditargetkan biasanya mudah didapatkan.

Untuk cara mendapatkan backlink secara organik, maka anda perlu menerapkan jenis SEO on page berikut ini.

  1. Title tag
    Strategi SEO on page ini merupakan strategi yang digunakan untuk membuat kepala dari sebuah website page anda menjadi lebih menarik dan berkualitas. Title tag merupakan sebuah judul yang muncul pada search engine dan website title bar pada website browser. Bagian ini adalah bagian yang digunakan untuk memberikan ide mengenai topik dari sebuah halaman. Biasanya bagian ini akan dimunculkan pada SERP untuk menarik calon audience. Akan tetapi perlu anda perhatikan lagi bahwa title tag punya pengaruh rendah untuk menghasilkan ranking organik. Tapi artikel tanpa judul, memiliki judul yang sama, dan judul yang buruk dapat berpengaruh buruk pada penilaian SEO. Untuk anda yang ingin membuat title tag yang baik, maka pastikan anda mencari judul yang relevan, singkat, memuat keyword, unik dan juga memasukkan brand di dalam title tag tersebut. Hal ini mungkin memilih pengaruh kecil pada cara meningkatkan website di Google tapi cukup menguntungkan untuk digunakan.
  1. Meta Description
    Meta Description merupakan strategi optimasi SEO on page yang digunakan untuk menyajikan deskripsi dari sebuah halaman. Biasanya akan muncul di bagian bawah title tag di halaman SERP. Biasanya meta description yang baik akan membantu anda untuk memberikan penjelasan yang lebih baik untuk halaman web anda dan membuat anda mendapatkan lebih banyak klik secara organik. Hal inilah yang membuat banyak orang belajar SEO blogspot mengenai pembuatan meta description ini. Untuk membuat meta description yang baik, maka buat meta description yang mengandung keyword, relevan dengan artikel, dan memiliki jumlah karakter di bawah 160.
  1. Header tag
    Adalah judul dari sebuah artikel, untuk mengoptimasi halaman website ini, maka anda harus membuat judul seunik mungkin.
  2. Konten yang berkualitas
    Hal yang terakhir yang perlu anda perhatikan lebih dalam dalam tutorial SEO wordpress adalah mengenai konten yang anda buat. Pastikan konten yang anda buat memiliki kualitas yang baik, unik, sesuai dengan keyword, dan natural. Hindari keyword stuffing yang akan membuat konten terkesan memaksa. Selain itu, pastikan anda melakukan update pada artikel anda secara terus menerus karena salah satu cara menaikan rating blog yang digunakan oleh Google adalah dengan melihat waktu pembuatan artikel. Makin lama, maka makin baik.
  3. Mengoptimasi gambar
    Salah satu cara membuat SEO website on page adalah dengan mengoptimasi gambar. Untuk mengoptimasi gambar ini anda sebaiknya menggunakan gambar anda sendiri dan menggunakan format yang tepat. Jpg adalah format yang lebih baik karena ia memiliki kualitas yang baik dan ukuran yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu jangan lupa untuk membuat caption untuk gambar anda. Hal ini merupakan cara optimasi SEO on page ini adalah cara terakhir untuk dipelajari dalam panduan belajar SEO ini.
Baca juga:  Cara Mendapatkan Backlink Secara Organik dengan Mudah

Untuk optimasi gambar anda bisa menggunakan plugin jika anda pengguna wordpress, jika anda engga mau ribet tinggal drag and dop bisa menggunakan web ImageOptim, Trimage, TinyPG, OptiPNG.

Kesimpulan

Jadi Optimasi SEO on Page itu penting untuk meningkatan ranking di google, anda harus memahami Title tag, Meta Description, Header tag yang paling penting Konten yang berkualitas dan jangan lupa untuk Mengoptimasi gambarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *