Cara Optimasi Gambar di WordPress dengan Mudah

Pembahasan cara optimasi gambar yang benar. Setiap kita akan memposting artikel, tentu saja membutuhkan gambar agar artikel itu menarik dan lebih mudah dibacanya. Gambar yang akan di unggah harus berkualitas agar tidak mengurangi kredibilitas blog itu sendiri.

Engga hanya itu, anda harus memperhatikan gambar yang anda akan unggah, ukuran gambar harus kecil agar tidak lambat di loading halaman blog tersebut.

Bagimana sih agar gambar yang ukurannya kecil tapi kualitas gambarnyamasih bagus? jadi anda harus mengoptimasinya gambar tersebut untuk menjadikan kualitas gambar tersebut masih tetep oke dan ukurannya yang berubah jadi kecil.

Optimasi Gambar di WordPress

Berikut alasan untuk optimasi gambar itu penting

1. Untuk mempercepat loading blog atau web tersebut

Kecepatan loading yang lambat akan mengakibatkan lamanya pengunjung untuk melihat isi blog atau artikel tersebut, hal ini juga akan mengakibatkan bounce rate tinggi, juga pengunjung akan sedikit kesal karena web atau blog tersebut lambat dan waktu pengunjungan pun akan lebih cepat bosan.

Baca juga:  Tips Mudah Belajar SEO untuk Pemula

2. Lebih sedikit disk space

Kebanyakan layanan hoting yang menyediakan unlimited disk space. Namun karena itu akan lebih baik jika blog atau web anda itu menggunakan disk spae lebih sedikit. Kenapa harus sedikit? jadi jika disk space lebih sedikit itu akan memberikan performa yang menambah kecepatan loading blog atau web itu sendiri.

3. Ranking di mesin pencarian

Mesin pencarian misal google, google itu lebih menyukai web yang loadingnya kencang. dengan itu anda mengunggah gambar harus di optimasi dulu, agar loading web atau blog anda kencang sehingga ranking web anda di mata mesin pencari google akan meningkat.

Saya juga akan memberikan cara mengoptimasi gambar dan gak hanya optimasi gambar aja, untuk optimasi seo on page juga penting.

Berikut cara optimasi gambar yang benar

1. Format gambar yang tepat

jadi sebelum memulai optimasi gambar menggunakan plugin atau compressor, pastikan juga format gambar itu sendiri sesuai.

ada dua format gambar yang banyak di pakai yaitu JPEG dan PNG ada juga WEBP itu agak jarang di gunakan,

Baca juga:  Tutorial SEO WordPress Mudah Terbaru

Format gambar JPEG biasanya hanya digunakan untuk hasil, gambar umum yang memiliki file size yang aga sedikit lebih kecil, dan juga kualitas gambarnya itu solid, dapat di resize atau mengubah ukuran gambar, dan bisa dikompres tanpa pengurangan kualitas gambar itu tersebut.

PNG kebanyakn digunakan untuk logo, vector, dan gambar tersebut biasanya ukuran lebih besar dibandingkan JPEG.

Selain dua Format gambar tersebut, ada juga beberapa format gambar lain, tapi saya tidak rekomendasikan untuk blog anda, jadi anda cukup gunakan format gambar JPEG dan PNG saja..

2. Compress gambar

Ketika anda mengompress gambar, yang anda harus ketahui adalah keseimbangan kualitas kompres serta ukuran gambar itu. Tujuanya adalah untuk mendapatkan gambar yang berkualitas tinggi dngan ukuran yang seminimal mungkin.

  • Kompres gambar di Komputer

software untuk mengkompres gambar di komputer anda bisa gunakan seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Affinity Photo, dan lain-lain.

  • Kompres gambar otomatis

Jika anda ingin mengopres gambar tapi tidak mau ribet, anda bisa gunakan untuk optimasi gambar tersebut dengan ImageOptimTrimage,  TinyPGKrakendan OptiPNG.

  • Untuk CMS wordpress bisa pake plugin
Baca juga:  Cara optimasi SEO on Page Lengkap

CMS wordpress juga ada beberapa plugin yang bisa mengkompres gambar otomatis, ini beberapa plugin untuk optimasi gambar di wordpress Imagify Image Optimizer, WP Smush, Optimus Image Optimizer, ShortPixel Image Optimizer.

Kesimpulan

jika situs web anda kencang pengunjung pun puas, dan akhirnya membantu juga meningkatkan ranking di mesin pencari google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *