Cara Membuat Akun Telegram, Ini Panduan Lengkapnya

  • Whatsapp

Cara Membuat Akun Telegram, Ini Panduan Lengkapnya – Kehadiran Telegram menambah deretan aplikasi pesan instan yang kini perannya cukup menarik perhatian.

Bagaimana tidak, banyak fitur-fiturnya yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lain membuat beberapa orang rela untuk install dan membuat Telegram.

Bacaan Lainnya

Nah, karena popularitasnya yang semakin naik, kamu yang belum memiliki aplikasi ini harus tahu bagaimana cara membuat akun Telegram di smartphone kamu.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram Paling Tepat untuk Konten Bisnismu


Cara Membuat Akun Telegram di Android dan iOS

Langkah 1: Install aplikasi Telegram

Buka Google Play Store jika kamu menggunakan Android atau App Store jika kamu menggunakan iOS, lalu unduh aplikasi Telegram.

Langkah 2: Buat akun

Buka aplikasi Telegram yang sudah terunduh. Tap tombol Start Messaging yang langsung muncul pertama kali.

Masukkan kode negara dan nomor handphone yang akan digunakan sebagai akun kamu. Jika kamu menggunakan nomor handphone yang ada di handphone yang sama, akan lebih mudah untuk mengakses kode verifikasi yang dikirimkan.

Namun, jika nomor yang akan kamu gunakan berada di handphone yang berbeda, kamu harus memastikan untuk bisa mengakses sms kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Baca juga: 6 Jenis Youtube Ads yang Wajib Kamu Tahu

Langkah 3: Lengkapi profil

Setelah akun kamu berhasil terverifikasi, saatnya melengkapi profil Telegram yang baru kamu buat. Mulai dari mengisi nama dan foto profil yang ingin kamu tampilkan.

Gunakan foto dan nama yang jelas agar profil kamu mudah dikenali karena biasanya saat kamu mendaftar Telegram, orang-orang yang memiliki kontak kamu akan mendapatkan notifikasi di akun Telegram mereka.

Langkah 4: Mulai percakapan

Sama seperti WhatsApp dan aplikasi pesan instan lainnya, kontak yang kamu miliki di handphone akan secara otomatis masuk di dalam daftar kontak Telegram.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto untuk Produk Olshop


Ini Alasan Mengapa Harus Punya dan Tahu Cara Membuat Akun Telfegram

Masih banyak orang di luar sana yang mempertanyakan untuk apa memiliki Telegram jika sudah tercukupi dengan berkomunikasi melalui WhatsApp.

Padahal, ada banyak fitur di Telegram yang tidak ada di WhatsApp bahkan aplikasi pesan instan lainnya. Apa sajakah itu, mari kita ulas satu per satu.

Pesan dapat diedit

Pernah salah mengetik pesan saat melakukan percakapan lewat chat? Tentu hampir semua orang mengalaminya. Nah, yang paling sering adalah harus menghapus pesan tersebut lalu mengetik ulang pesan yang ingin disampaikan.

Salah satu keuntungan bisa tahu cara membuat Telegram adalah kita jadi bisa memanfaatkan fitur ini dan tidak perlu khawatir tentang pesan atau chat yang salah ketik tadi, karena bisa tinggal di-edit.

Namun, pesan yang sudah diedit tersebut tentu akan memiliki tanda edited di bagian bawah balon chat.

Menghapus pesan tanpa jejak

Seperti yang kita tahu kalau di aplikasi WhatsApp pun sekarang kita bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim dan terbaca penerima pesan. Namun, masih ada jejak yang ditinggalkan, yakni “This messages was deleted“.

Di Telegram, kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim bahkan setelah sudah dibaca oleh penerima tanpa meninggalkan notifikasi apa pun.

Baca juga: Panduan Lengkap, Cara Mass Upload di Shopee

Kapasitas grup yang besar

Memang, kebanyakan yang menggunakan Telegram pasti memanfaatkannya untuk keperluan pembuatan grup.

Di Telegram, kamu bisa membuat grup hingga 200 ribu member atau anggota. Nah, selain itu dari sekian banyak anggota yang ada di grup kamu dapat dengan mudah mencarinya di kolom pencarian tanpa harus melakukan scroll tiada akhir.

Ada fitur polling

Selain bisa mencari anggota lain di sebuah grup dengan mudah, tiap anggota grup yang ada di Telegram bisa membuat sebuah polling.

Fitur polling ini tentunya akan membuat aktivitas di dalam grup jadi lebih hidup dan juga memudahkan ketika akan membuat keputusan bersama.

Memiliki opsi Dark Mode

Yang menyenangkan dari fitur Dark Mode di Telegram adalah kamu tidak perlu mengaktifkan Dark Mode atau mode gelap secara keseluruhan yang berefek pada semua aplikasi.

Selain itu, beberapa juga berpendapat kalau fitur mode gelap di Telegram jauh lebih enak dipandang ketimbang aplikasi lain yang memiliki mode gelap juga.

Channel lain untuk jualan online

Banyaknya grup yang bisa kamu ikuti atau subscribe dan juga besarnya kapasitas dalam sebuah grup di Telegram bisa kamu manfaatkan sebagai channel untuk jualan online.

Ada banyak grup di Telegram yang bisa dengan mudah dicari yang mewadahi aktivitas jual beli online. Tentu ini bisa menambah opsi channel jualan kamu nantinya.

Fitur Secret Chat

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan percakapan yang sifatnya cukup confidential.

Dengan menggunakan fitur secret chat kamu bisa menghindari adanya percakapan yang di-screenshot karena akan memunculkan notifikasi. Selain itu juga, chat yang kamu lakukan dengan fitur ini bisa hilang dengan sendirinya menggunakan self-destruct timer.

Baca juga: Aplikasi Kloning WhatsApp Terbaik, Ini 5 Rekomendasinya


Cara membuat akun Telegram sama sekali tidak sulit bukan. Sama halnya seperti mulai berinvestasi untuk masa depan kamu.

Sejak diluncurkannya produk KoinP2P oleh KoinWorks, siapa pun kini bisa mulai berinvestasi dan merencanakan masa depan mereka yang lebih matang. Termasuk kamu.

Terlebih jika kamu sekarang sedang menjalankan sebuah bisnis atau usaha, harus ada rencana lainnya atau Plan B untuk mempersiapkan hal yang tak terduga.

Sembari berinvestasi, kamu jadi bisa membantu sesama pebisnis lainnya untuk melakukan pendanaan yang aman dengan imbal hasil mulai dari 18% bunga efektif per tahunnya.

Di KoinP2P juga ada dana proteksi untuk meminimalisir kerugian asetmu yang akan digunakan ketika peminjam mengalami gagal bayar sesuai ketentuan.

Dengan berinvestasi di KoinP2P juga, setiap pinjaman kamu akan disertakan asuransi guna melidungi asetmu dari hal yang tidak diinginkan.

Tunggu apa lagi? Yuk, berinvestasi sekarang!



Ikuti


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *