Bisnis di Usia Muda? Ini 6 Alasan Pentingnya |

  • Whatsapp

Masa muda adalah masa yang berapi-api. Layaknya api, energi dan waktu yang dimiliki di masa muda harus dikendalikan dan disalurkan untuk banyak hal yang bermanfaat, salah satunya memulai bisnis di usia muda.

Namun sayangnya, masih banyak orang berusia muda di luar sana yang masih takut untuk mulai berbisnis karena terlalu diliputi berbagai kekhawatiran.

Bacaan Lainnya

Padahal, di masa muda ada banyak sekali peluang yang bisa diraih agar mencapai kesuksesan. Sebagai contoh, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Bill Gates yang memulai bisnis mereka sejak usia 20an.

Apakah kamu salah satu orang berusia muda yang masih ragu? Berikut ini adalah enam alasan untuk memulai bisnis di usia muda.

Semoga bisa menjadi inspirasi kamu. Mari simak ulasannya!


Memiliki lebih banyak waktu

Salah satu alasan untuk berbisnis di usia muda adalah karena masih memiliki waktu dan kesempatan yang lebih banyak

Sebelum usia 30 tahun ke atas, ada banyak waktu untuk terus mencoba, meskipun kegagalan datang berkali-kali, masih ada banyak waktu untuk mencoba berulang kali.

Ada sebuah pepatah mengatakan “Lebih baik menyesal karena melakukan sesuatu, daripada menyesal karena tidak pernah mencoba“.

Jadi di momen usia muda ini, ada baiknya kamu memanfaatkannya untuk mencari pengalaman dan networking yang seluas-luasnya.


Ada energi yang lebih banyak

Saat kamu mencapai usia produktif, cobalah semua hal baru yang bisa membuat kamu semakin mahir dalam berbisnis.

Gunakan semua energi yang masih kamu punya untuk mengasah kemampuan, dan menggunakan energi fisik dan pikiran secara optimal.

Jika tidak demikian, besar kemungkinan kamu akan menyesalinya di hari tua. Hari di mana kamu memiliki keinginan untuk melakukan hal yang seharusnya, namun sudah tidak memiliki energi yang sama.

Jadi, bijaklah menggunakan waktu mudamu sebaik-baiknya. Membangun bisnis di usia muda akan memberikan kamu keuntungan jangka panjang yang bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih maksimal di masa tua nanti.

Baca juga: 4 Alasan Pebisnis Muda Membutuhkan Mentor Bisnis


Cenderung memiliki kreativitas tanpa batas

Sebagai modal bisnis di usia muda, tentu kreativitas ini sangat diperlukan.

Mengapa? Tentu agar bisnis yang dijalankan selalu fresh, bisa terlihat berbeda, unik, dan menghasilkan hal-hal baru.

Dengan memiliki usia muda, kamu memiliki kecenderungan untuk melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang baru sesuai dengan perkembangan zaman.

Untuk itu, usia muda memudahkan kamu untuk menerapkan kreativitas tersebut dan menjalankan ide-ide bisnis yang efektif dan berkelanjutan.


Lebih mudah beradaptasi

Pebisnis berusia muda, memiliki kemudahan untuk beradaptasi ketimbang yang sudah berusia lanjut.

Hal tersebut dikarenakan sifat dan pembawaan pebisnis muda yang lebih gesit dan dinamis mengikuti kemajuan teknologi.

Terlebih soal tren. Pelaku bisnis muda, lebih adaptif dengan perkembangan tren yang ada sehingga bisa membawa bisnis yang sedang dijalani menuju setiap peluang yang ada.


Belum memiliki risiko tinggi

Kebanyakan mereka yang menjalankan bisnis di usia muda memiliki satu kesamaan, yakni masih belum takut kehilangan apapun.

Pasalnya, usia muda cenderung masih belum memiliki tanggungan, dan berbagai kewajiban yang kaitannya dengan keluarga.

Bahkan kebanyakan yang berbisnis di usia muda, memang memulai bisnis mereka tersebut karena suatu keharusan untuk bertahan hidup di kala harus mandiri.

Hal ini berkaitan dengan rasa takut akan risiko.

Saat kamu berusia muda, kamu masih memiliki keberanian tinggi dan masih menggebu-gebu tanpa memikirkan risiko yang kerap menjadi penghalang menuju sukses di usia muda.

Karena seperti kita tahu bahwa rasa takut itu adalah salah satu penghambat terbesar dalam menjalankan sebuah bisnis.

Baca juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Ketika Mengalami Masalah Bisnis


Cenderung ada kepercayaan diri lebih tinggi

Rasa percaya diri ini tentu berkaitan dengan rasa takut yang sudah kita bahas di atas tadi.

Saat kamu berusia muda, ada kecenderungan kamu memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Masih ada energi positif dan optimisme yang akan sangat berguna dalam membangun bisnis.

Setelah menelaah enam alasan di atas untuk bisnis di usia muda, jadi semakin terpacu kan untuk memulai secepatnya.

Tidak perlu terlalu berkutat dengan kekhawatiran akan hal yang belum datang.

Yang terpenting, mulai!

Kamu ingin memulai bisnis, tapi masih terkendala dana untuk tambahan modal? Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki akun KoinWorks karena sudah ada KoinBisnis.


Melalui KoinBisnis, kamu punya peluang untuk mendapatkan pembiayaan bisnis hingga Rp. 2 miliar tanpa agunan.

Integrasi otomatis yang dimiliki KoinBisnis memudahkan kamu agar tidak perlu memasukkan data secara manual. Kamu cukup menghubungkan bank dan toko online kamu untuk dapat mengajukan modal dengan cepat dan mudah.

Lewat platform ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang melambung tinggi karena biaya yang ditagihkan nanti akan sesuai dengan hasil analisa skor kredit dan tentunya sesuai dengan persetujuan kamu.

Bunga pinjaman yang dikenakan di KoinBisnis pun tergolong rendah, hanya berada di antara 0,75% hingga 1,67% per bulannya.

Dan yang terpenting, tidak ada biaya tersembunyi yang akan dikenakan karena semua dijalankan secara transparan.

Ayo, mulai bisnismu sekarang!



Ikuti


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *