Panduan Belajar SEO Dasar di Tahun 2020

Panduan Belajar SEO Dasar di Tahun 2020

Sebelum kita menyelami teknik dan aspek spesifik tentang panduan belajar SEO dasar di tahun 2020, mari kita mulai dengan hal-hal dasar terlebih dulu. Apakah kamu siap untuk belajar? Selamat datang di panduan SEO terbaik untuk pemula!

Apakah kamu baru mengenal SEO? Apakah kamu bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya dan apa yang paling penting di tahun 2020? sekarang kamu berada di tempat yang tepat! 🙂

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan posisi dalam hasil pencarian organik di mesin pencari. Semakin tinggi posisinya juga semakin banyak orang mengunjunginya.

Sejarah SEO kita kembali ke tahun 90-an ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya. Saat ini, ini adalah strategi pemasaran yang penting dan industri yang terus berkembang pesat.

Jika kamu ingin belajar SEO, kamu harus siap untuk menguasai kekreatifan, teknis dan analitis. Ada banyak cara teknik dengan tujuan yang berbeda, namun, poin utamanya akan tetap sama untuk meningkatkan posisi dalam hasil pencarian organik.

Sederhananya, SEO adalah tentang menjalankan situs web yang tepat untuk orang yang tepat.

Ini bukan hanya tentang struktur yang sempurna atau latar belakang teknis situs web. Situs web kamu harus diisi dengan konten berkualitas dan dioptimalkan dengan baik yang disesuaikan dengan kebutuhan audiensnya.

Apakah Optimasi SEO itu sulit?

Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat. Meskipun kita mengetahui banyak dari mereka yang konten berkualitas serta backlink, atau hal-hal yang teknis seperti mempercepat situs, masih banyak dari mereka yang disembunyikan.

Baca juga:  3 Tips Panduan Belajar SEO 2020

Tentu saja, kamu tidak perlu tahu semua faktor untuk menentukan peringkat itu. Untuk memahami apa itu SEO, bayangkan jika semangkuk baso itu. Ada tiga aspek penting:

  1. Mangkuk mewakili hal-hal teknis di  belakang situs web (teknis dan SEO pada halaman ) – tanpa mangkuk yang tepat, baso akan tumpah ke bawah bukan ke atas. heehe
  2. Baso yang mewakili konten web mu – itu adalah bagian terpenting. Konten buruk = tidak ada peringkat , sesederhana itu bukan.
  3. Bumbu mewakili backlink yang berkualitas untuk meningkatkan otoritas di situs web kamu – bahan terakhir untuk membuat baso, itulah bahan untuk menyempurnakan teknik SEO.

Mesin pencari digunakan pengguna internet ketika mereka akan mencari sesuatu. Dan kamu pun ingin menjadi “sesuatu(yang di cari mereka)”. Tidak ada masalah apakah kamu menjual produk, layanan, menulis blog, atau apa pun yang ada di web kamu, optimisasi mesin pencari adalah suatu keharusan.

Situs web Anda perlu diindeks oleh mesin pencari. Kalau tidak, ya percuma saja anda membuat web jika tidak di index ga bakal di lihat orang.

Teknik SEO untuk meningkatkan peringkat halaman di hasil mesin pencari (SERP). 

Singkatnya saja, jika kamu berencana untuk sukses dengan situs web kamu, Kamu perlu melakukan Optiasi SEO. Beberapa aspek ada yang lebih rumit, tetapi sangat jarang sekali, keberhasilan Teknik SEO didasarkan beberapa Teknik terbaik.

Bagaimana saya bisa belajar SEO dasar? Apakah saya memerlukan bantuan seseorang?

Bahkan perubahan dasar dapat membuat perbedaan besar dalam mesin pencari untuk melihat situs web kamu. Dalam panduan SEO kali ini, saya akan membahas semua topik penting tentang belajar SEO dasar dan optimasinya. Kamu akan mendapat pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan dengan teknik SEO sendiri.

Baca juga:  Cara Cepat Meningkatkan Website Di Google

Jika kamu bertanya bagaimana sih belajar SEO dasar pada tahun 2020, kami memiliki jawaban sederhana mungkin buat kamu: kamu harus memerlukan banyak latihan teknik seo dan belajar SEO dasar dulu. Hal baiknya adalah kamu akan menemukan banyak informasi di internet secara gratis  (ya termasuk panduan belajar SEO dasar ini yang sedang kamu baca) tetapi kamu harus memilih dengan bijak. Selain itu, kamu dapat mengikuti berbagai kursus, kelas, atau webinar.

Jika kamu tidak mau terlalu merepotkan diri sendiri atau tidak punya waktu, kamu bisa meminta bantuan konsultan, spesialis atau agensi SEO. Ingatlah loh ya bahwa dengan cara ini tidak gratis alias berbayar dibandingkan dengan panduan ini.

Kosakata istilah dasar

  • SEO on-page vs off-page
  • white hat vs black hat vs grey hat SEO

SEO on-page vs off-page

Melakukan On-page (on-site) SEO berarti mengoptimalkan situs web kamu untuk memengaruhi hasil pencarian organik. Semuanya dapat dilakukan di situs web kamu – mulai dari pengoptimalan konten hingga aspek teknis:

  • tag meta
  • heading
  • Struktur URL
  • optimasi gambar
  • kandungan
  • data terstruktur
  • ukuran dan kecepatan situs web

… dan banyak lagi. saya akan membahasnya di artikel Panduan Memahami SEO on-page dan teknis.

SEO Off-page (off-site) mencakup semua kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan otoritas SEO di situs web melalui mendapatkan backlink dari situs web lain. Ada banyak cara untuk mendapatkannya:

  • Mengajukan email ke situ web orang untuk di tanam link web kamu.
  • Guest blogging
  • Komentar di situs web
  • Social media efforts
  • kerjasama dengan influencer
  • Menulis konten yang berharga, sehingga orang ingin menautkan ke situs web kamu
Baca juga:  6 Langkah Cara Membuat Artikel SEO Friendly Mudah

White hat, black hat, grey hat SEO

White hat dan black hat yang berasal dari film Barat. White hat dan black hat  Ini seperti orang jahat dan orang baik. Tapi jangan menganggap kata-kata ini terlalu serius. Pendapat tentang kedua pendekatan SEO cenderung berbeda.

Black hat SEO adalah serangkaian praktik yang tidak etis untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari. Mereka dirancang untuk mempengaruhi mesin pencari tanpa mempertimbangkan faktor manusia.

Black hat SEO bisa membawa laman web kamu ke puncak SERP dalam waktu yang singkat, namun itu melanggar ketentuan google, kemungkinan besar akan menghukum dan mencekal situs web cepat atau lambat.

Daftar praktik yang melanggar dapat ditemukan di Pedoman Webmaster Google atau Pedoman Webmaster Bing.

White hat SEO adalah serangkaian teknik etis yang berpegang pada pedoman dan aturan mesin pencari. Bagian dasar dari white hat SEO adalah:

  • Konten harus berkualitas dan relevan
  • Optimasi situs web secara keseluruhan
  • Pembuatan tautan

White hat SEO adalah strategi jangka panjang yang berorientasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Secara umum, menjadi orang baik di dunia SEO dianggap sebagai arahan yang tepat.

Ada juga istilah yang disebut grey hat SEO, sebuah praktik ketika kamu mungkin mengambil risiko lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik black hat. Teknik grey hat tidak didefinisikan secara jelas oleh Google sehingga kamu dapat memperoleh ribuan pengguna situs web tanpa dihukum atau kehilangan semua peringkat kamu sehari setelahnya.

Secara umum, Anda tidak ingin menjadikan Google sebagai musuh Anda. Salam Koding..

All Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *