Belajar Internet Marketing itu Mudah

Artikel ini akan membahasa bagimana belajar internet marketing. Sebelum belajar internet marketing, Apakah Anda tahu apa itu internet marketing?

Belajar Internet Marketing itu Mudah

Pengertian Internet Marketing

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online, Anda akan banyak menemukan tantangan-tantangan baru dan kebebasan finansial. Internet marketing sendiri adalah pemasaran online yang menggunakan internet sebagai sumbu utama dalam pemasaran.

Jika Anda melakukan pemasaran online, Anda dapat melakukan 2 hal, yaitu memasarkan produk sendiri atau memasarkan produk Anda sendiri.

Memulai bisnis online secara efektif dapat Anda lakukan dengan cara melihat pada kemampuan Anda. Bisnis tidak hanya berupa produk nyata, ada juga jasa berupa edukasi, course dan sebagainya.

Misalkan Anda yang pandai menjahit, Anda dapat memulai dengan mengadakan kursus menjahit. Begitu contoh bisnis sederhana yang dapat Anda mulai, jika Anda bingung produk apa yang harus Anda jual. Setelah mengetahui pengertian internet marketing, kemudian Anda harus mengetahui tentang manfaat internet  marketing.

Manfaat Internet Marketing

  1. Manfaat internet marketing yang pertama adalah sebagai media untuk mempromosikan barang dan jasa. Ketika belum mengenal internet, Anda dulu mengenal media elektronik seperti radio dan televisi sebagai sumber promosi. Adapun cara lebih manual lagi yaitu brosur, spanduk, koran hingga majalah. Jika saat ini tidak ada internet, berapa jumlah sasaran yang bisa Anda bagikan brosur dalam waktu singkat? Berapa jumlah orang dari luar negeri yang bisa melihat iklan Anda pada channel televisi mereka?
  2. Saat ini, dengan internet, dimanapun dan kapanpun Anda berada, tidak terbatas jumlah orang maupun dimana mereka berada, pemasaran lebih mudah dilakukan.
  3. Kemudian hemat biaya promosi. Anda yang menggunakan cara-cara seperti iklan dalam koran, televisi ataupun secara manual mencetak brosur dalam jumlah besar, Anda harus menyiapkan budget yang sesuai, dan ini tidaklah sedikit jumlahnya.
  4. Sedangkan dengan media internet, promosi yang Anda lakukan bisa dibilang murah meriah, bahkan gratis jika Anda menggunakan fasilitas WiFi umum tentu saja. Biaya yang Anda butuhkan hanyalah membeli paket internet, itu pun dapat digunakan tidak hanya untuk promosi online!
  5. Manfaat internet marketing selanjutnya adalah  tidak membuang waktu dan tenaga. Anda yang ingin berjualan dengan modal Rp 0, sekarang ini sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu memiliki produk, tempat produksi dan toko untuk menjual barang. Cukup pegang smartphone Anda dan manfaatkan untuk internet marketing.
  6. Penghubung yang efektif. Anda dapat melakukan pembelian tanpa harus bertatap langsung. Pada lokasi yang berbeda, Anda dapat tetap menjual barang, dan orang lain juga dapat menikmati produk yang mereka butuhkan.
Baca juga:  5 Fakta Manfaat Internet Marketing saat ini

Jenis-Jenis Internet Marketing

Jenis jenis internet marketing sendiri beragam. Adapun jenis-jenis internet marketing adalah sebagai berikut.

  1. SEO (Search Engine Optimization) yang mana meningkatkan strategi supaya web Anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian, kuncinya ada pada isi konten, nama domain, dan keywords.
  2. Ada juga yang namanya SEM (Search Engine Marketing) yang memfokuskan kepada peningkatan visibilitas web dalam halaman mesin pencarian dengan menambah kunjungan jumlah pengguna internet.
  3. Internet marketing yang paling sering digunakan adalah social media marketing. Promosi-promosi untuk menarik konsumen dapat Anda temukan pada akun-akun media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan sebagainya.
  4. Email marketing adalah salah satu promosi yang dilakukan dengan mengirimkan pesan kepada customer. Sedangkan affiliate marketing adalah pemasaran dengan sistem kerja sama, dimana Anda tidak harus memiliki barangnya, namun Anda bisa melakukan promosi dan kemudian akan mendapatkan komisi.
  5. Reseller atau dropshipper sendiri merupakan jenis penjualan dimana Anda juga menawarkan produk kepada konsumen dengan imbalan keuntungan dari hasil penjualan. Biasanya, orang yang ingin menjadi reseller atau dropshipper diharuskan membeli barang terlebih dahulu dalam jumlah tertentu.

Belajar Internet Marketing

Untuk pembahasan belajar internet marketing silahkan dibaca, ada 3 yang harus anda ketahui tentang belajar internet marketing.

  1. Fokuskan kepada traffic. Manfaatkan semua situs dan media online untuk pemasaran. Anda harus mengukur sebarapa banyak pengunjung yang datang ke web Anda. Kata kunci yang mana yang membuat mereka mengklik konten Anda?
  2. Selain itu, cek juga seberapa sering orang-orang melihat kembali web Anda. Apa strategi yang membuat orang lain kembali lagi ke web Anda? Inilah yang akan membuat Anda fokus pada hal apa yang membuat mereka kembali lagi pada web Anda.
  3. Dengan adanya internet marketing, baik berupa ads, email marketing, dan sebagainya, berapa besar volume pemasarannya meningkat? Seberapa besar customer membeli ke produk Anda?
Baca juga:  Kenali Perbedaan Penjualan dan Pemasaran Bisnis

Tips Marketing Hebat

Tips marketing hebat disini ada 3 jenis.

  1. Pertama, Anda harus eksis. Misalnya ketika seseorang membuka kata kunci makanan, maka bisnis Anda lah yang harus paling sering muncul. Keeksisan Anda dapat dilakukan mengunggah konten-konten pada akun baik media sosial, web, ataupun marketplace dengan sesering dan serutin mungkin. Selain itu, gunakan SEO, buat kata kunci yang ramah SEO.
  2. Selanjutnya Anda fokuskan kepada intersepsi, pencegatan. Ini berkaitan dengan iklan bisnis Anda. Bagaimana strategi Anda dalam menyisipkan ads Anda pada tiap media. Kapan waktu yang tepat?
  3. Fokus membangun relasi dengan customer Anda dengan email marketing. Anda bisa meminta data diri customer kemudian Anda bisa melakukan promo atau giveaway. Dengan email marketing, Anda akan semakin dekat dengan customer Anda. anda juga bisa melakukan promosi langsung dengan mengirimkan pesan pada mereka, ataupun melakukan follow-up.

Bauran Pemasaran Adalah….

Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran dan promosi yang gunanya untuk menghasilkan proses jual beli yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen. Bauran pemasaran terdiri dari produk apa yang akan Anda pasarkan, harganya berapa, dimana lokasi usaha Anda, apa saja strategi promosi yang Anda lakukan, siapa dan dari latar belakang apa karyawan dan tenaga kerja yang Anda butuhkan, bagaimana sistem yang ada di perusahaan Anda, dan bagaimana bukti fisik perusahaan.

Tugas seorang marketing haruslah selalu mengisi web dengan konten-konten berkualitas. Selain itu, perencaanaan untuk promosi haruslah selalu dipikirkan. Tanpa adanya perencanaan Anda tidak tahu arah mana yang hendak Anda tuju, target apa yang harus Anda selesaikan, dan sebagainya. Buatlah promosi semenarik mungkin, terutama media sosial yang saat ini impact-nya sangat tinggi. Hampir semua orang memiliki setidaknya satu jenis media sosial. Maka manfaatkanlah kesempatan ini.

Anda yang belajar internet marketing ketahuilah beda penjualan dan pemasaran. Penjualan hanyalah dalam jangka waktu pendek, memikirkan bagaimana pada saat itu produk yang penting harus terjual. Sedangkan pada pemasaran, Anda harus memikirkan jangka panjang produk, apa yang harus dilakukan supaya konsumen kembali lagi membeli produk Anda. Maka, perencanaan, kualitas produk dan pengembangan pasar jangka panjang itu penting dilakukan dalam demi kelangsungan pemasaran bisnis Anda.

Baca juga:  Inilah Tips Marketing Hebat dalam Suatu Bisnis

Hukum Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Bisnis multi level marketing sendiri saat ini mulai banyak digemari. Namun, apa sih hukum bisnis multi level marketing? Ada berbagai bentuk bisnis MLM. Namun, bisnis MLM yang dihukumi haram adalah sebagai berikut.

  1. Menjual barang-barang dalam sistem MLM dengan harga yang jauh lebih tinggi. Ini diharamkan karena adanya sharing modal hasil penambahan harga oleh perusahaan kepada pembeli yang juga menjadi member. Jika member tersebut menjual produknya, maka ia juga mendapatkan keuntungan estafet. Dalam hal ini terjadi penyamaran akad jual beli, mudhorobah, dan syirkah. Hal ini dapat mengarahkan pada penipuan karena adanya penyamaran tersebut.
  2. Diharuskan membayar uang tertentu pada calon anggota. Selain itu, anggotanya harus membeli produk perusahaan tersebut, entah untuk dijual lagi atau tidak. Semua itu hanyalah untuk mendapatkan poin dan bonus semata. Kemudian, jika tidak bisa mencapai target, keanggotaannya dicabut dan uang mereka juga hangus. Ini haram karena ada unsur ghoror (dugaan) dan kedzaliman.
  3. Diharuskan membayar uang tertentu, dengan kewajiban mencari member baru dan mereka juga diharuskan membayar keanggotaan. Semakin banyak Anda mendapatkan member baru, maka Anda akan mendapatkan bonus semakin banyak. Ini diharamkan karena mengandung unsur riba. Singkatnya, Anda menaruh uang di perusahaan tersebut, kemudian mendapatkan berkali-kali lipat uang dari hasil mendapatkan member baru.
  4. Perusahaan MLM yang memberi janji bunga dan bonus kepada anggota yang menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. ini diharamkan karena adanya unsur riba juga.
  5. Manipulasi perdagangan, pemaksaan pembelian produk dan penjualan barang yang sifatnya haram. Ini sudah jelas melanggar muamalah.

Sesudah Anda baca mengenai belajar internet marketing singkat dan hukum multi level marketing dalam islam yang diharamkan, sebaiknya Anda perlu waspada dan berkonsultasi kepada pakar ekonomi syariah ketika Anda ingin bergabung ke salah satu perusahaan MLM.

Itulah beberapa pembahasan mengenai Belajar Internet Marketing serta pembahasan lainnya. Jika ada yang kurang mengerti dalam pembahasan Belajar Internet Marketing silahkan tanyakan di komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *