Panduan Belajar Bahasa Pemrograman Dasar Lengkap

Panduan Dasar Belajar Bahasa Pemrograman Lengkap

Belajar bahasa pemrograman dasar menjadi sangat penting untuk dilakukan di era digital ini terutama bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai seluk beluk komputer. Komputer untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, tentu membutuhkan adanya bahasa komputer atau yang dikenal dengan nama bahasa pemrograman. Instruksi yang akan memerintahkan komputer dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh komputer dan kemudian bisa menjalankan fungsinya, tetapi instruksi yang digunakan adalah instruksi-instruksi yang standar saja, inilah yang dimaksud dengan apa itu bahasa pemrograman. 

Untuk mempelajarinya lebih dalam lagi mengenai bahasa pemrograman ini, perlu untuk terlebih dahulu memahami bagaimana konsep dasar pemrograman yang kemudian akan bisa berkembang menjadi lebih luas lagi. Ketika Anda mengaktifkan komputer, maka banyak sekali data-data yang bisa Anda jumpai. Dengan adanya bahasa pemrograman itu lah yang akan memerintahkan komputer Anda untuk bisa melakukan pengolahan pada data-data yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Buat Program Komputer Butuh Contoh Algoritma Pemrograman, Ini Fungsinya

Keterlibatan algoritma di dalam pemrograman komputer sangat lah penting. Di mana algoritma akan membantu di dalam menentukan program yang akan dibuat. Dan diketahui bahwa contoh algoritma pemrograman dasar di dalam komputer perlu bahkan wajib untuk diketahui. Fungsi dari algoritma pemrograman ini akan sangat membantu Anda di dalam melakukan pemrograman agar lebih mudah dan cepat. Berikut merupakan fungsi dari algoritma pemrograman yang perlu untuk diketahui.

  • Mempermudah Pembuatan Pemrograman

Dengan menggunakan algoritma pemrograman, maka logika yang akan digunakan tidak lah harus rumit dan bisa lebih disederhanakan. Hal ini juga akan membantu di dalam membuat kode agar lebih sistematis.

  • Meminimalisir Pembuatan Program Yang Berulang
Baca juga:  Contoh Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Pembuatan program yang berulang-ulang tentu akan sangat merepotkan. Sehingga, adanya algoritma pemrograman ini memiliki peran yang penting, di mana sebuah program memiliki penerapan algoritma yang sama. Sehingga pekerjaan Anda akan lebih efektif dan efisien.

  • Melakukan Modifikasi Pemrograman

Anda bisa melakukan modifikasi pemrograman dengan mudah tanpa harus mengubah semua modul, tetapi hanya satu modul saja. Tentu hal ini akan lebih memudahkan Anda ketika akan mengubahnya.

  • Pembetulan Kesalahan Dengan Mudah

Ketika Anda menemui adanya kesalahan ketika dalam proses pembuatan program, maka Anda bisa mencari kesalahan tersebut dengan mudah dan bisa segera memperbaikinya. Hal ini akan membantu Anda di dalam mempercepat pekerjaan Anda.

  • Membantu Perhitungan Rumit

Ketika berkecimpung dengan pemrograman, Anda akan menjumpai hambatan-hambatan dengan berbagai macam level kesulitan. Namun, adanya algoritma pemrograman ini akan sangat membantu Anda di dalam memecahkan hitung-hitungan yang Anda rasa sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, belajar bahasa pemrograman dasar sangat lah penting agar Anda bisa lebih terbantu untuk mengerjakan hal-hal terkait pemrograman di tingkat selanjutnya.

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman Yang Mudahkan Kerja Anda

Saat ini Anda bisa menemukan bahasa pemrograman dengan berbagai jenis. Di mana hal tersebut akan semakin mempermudah dan mempercepat di dalam pengerjaan program komputer, sehingga program tersebut dapat segera digunakan. Lalu, apa saja jenis-jenis bahasa pemrograman komputer yang perlu Anda ketahui?

  • HTML

Hyper Text Markup Language atau yang biasa disebut dengan nama HTML. Untuk bisa menerjemahkan kode HTML diperlukan file HTML. Di mana HTML ini memiliki beberapa short codes yang untuk kemudian bisa dijadikan text dan disimpan di dalam file HTML tersebut. Melalui file ini lah yang kemudian bisa dibuka dengan menggunakan browser dan akan membantu untuk menerjemahkan HTML.

  • JavaScript
Baca juga:  Apa Itu Bahasa Pemrograman, Fungsi, Dan Contohnya

JavaScript merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan untuk membuat web baru. Di mana web yang dibuat ini mampu untuk memberikan tampilan yang lebih dinamis dan interaktif, sehingga akan terlihat lebih menarik. Untuk bisa menggunakan JavaScript ini perlu juga untuk menggunakan Node JS dan server-side language yang digunakan sebagai kotak pemrograman.

  • Python

Di dalam melakukan pemrosesan pada text, angka, dan gambar, maka bisa menggunakan bahasa pemrograman berupa Python. Beberapa website telah memanfaatkan Python ini, seperti NASA, YouTube, dan Google. Karena melalui Python ini lah Anda bisa melakukan programming CGI aplikasi web, reading dan writing MySQL, dan lain-lain.

  • PHP

Untuk bisa memperindah tampilan di dalam sebuah halaman website agar tampak lebih menarik, maka bahasa pemrograman PHP ini lah yang digunakan. Anda juga bisa membuat berbagai macam fitur-fitur di website Anda dengan menggunakan PHP ini.  Misalnya saja seperti pengecekan form, login username dan password, dan pembuatan survey.

  • CSS

Cascading Style Sheets atau disingkat dengan nama CSS memungkinkan untuk melakukan penyederhanaan di dalam pembuatan halaman website. Di mana Anda bisa melakukan pengaturan pada warna untuk tulisan, jenis font yang diinginkan, jarak spasi, dan lain-lain yang bisa membuat website Anda memiliki tampilan yang sangat menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer berupa CSS ini.

Gunakan Contoh Pemrograman Berorientasi Objek, Inilah Kelebihannya

Pemrograman berorientasi objek disebut juga dengan Object Oriented Programming (OOP). Di mana OOP ini akan bisa membantu di dalam memecahkan sebuah permasalahan jika data-data dan fungsi di dalam metode telah didefinisikan yang terbagi di dalam objek-objek dan kemudian akan bisa memecahkan sebuah masalah. Contoh pemrograman berorientasi objek akan bisa membantu Anda dengan menggunakan macam-macam bahasa pemrograman sebelumnya, seperti Python dan C++. OOP ini sendiri memiliki beberapa kelebihan ketika Anda menggunakannya. Diantaranya sebagai berikut.

  • Mengubah Program Dengan Mudah
Baca juga:  Ketahui Perkembangan Sejarah Bahasa Pemrograman

Dalam hal ini memungkinkan Anda untuk bisa melakukan penambahan maupun penghapusan data yang berada di database dengan lebih mudah.

  • Programmer Bisa Menggunakan Objek-Objek Program Lebih Sering

Hal ini adalah keistimewaan yang bisa didapatkan oleh para programmer. Di mana programmer bisa melakukan penyimpanan pada objek-objek yang telah dirancang untuk dimasukkan ke modul dan kemudian bisa disisipkan di dalam baris kode baru. Untuk melakukan penambahan tersebut, dapat dengan perubahan yang sedikit maupun tanpa adanya perubahan.

  • Mempermudah Di Dalam Maintenance

OOP akan membuat lebih mudah untuk dibaca dan juga dipahami. Selain itu, dengan mengizinkan rincian-rincian yang yang sedang dibutuhkan oleh programmer akan bisa membantu di dalam mengontrol kesulitan di dalam program tersebut.

Sejarah bahasa pemrograman yang panjang dan rumit hingga sampai saat ini dengan segala perkembangannya telah bisa membantu pekerjaan para programmer di dalam mengerjakan program-programnya lebih mudah dan cepat. Di mana bahasa pemrograman untuk membuat web bisa memberikan tampilan website Anda yang lebih menarik dan disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, belajar bahasa pemrograman dasar mampu membuat Anda semakin matang di dalam pengerjaan pemrograman komputer ini dan bisa menghasilkan program-program yang berkualitas baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *