Mengenal Berbagai Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Web

Mengenal Berbagai Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Web

Ternyata ada banyak bahasa pemrograman untuk membuat web. Nah, apa-apa saja bahasa pemrograman tersebut? Penasaran? Berikut pembahasan selengkapnya.

Python

Ketika anda belajar bahasa pemrograman dasar, maka anda juga perlu mengetahui bahasa pemrograman yang satu ini. mengapa? Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengklaim jika bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang ringkas jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Bagaimana tidak, ternyata python merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dalam penulisan sintaksnya. Namun perlu anda ketahui bahwa python ini bukan ular ya! Ketika anda sudah menguasai python, tentunya anda bisa membuat aplikasi website dan desktop. Bahasa pemrograman python sendiri digunakan oleh instagram, google, netflix, spotify, reddit, uber, dropbox, dan sebagainya.

PHP (Hypertext Preprocessor)

Walaupun banyak orang yang saat ini mengkategorikan PHP merupakan bahasa pemrograman yang sudah mulai usang, namun anda juga penting mengenal bahasa pemrograman untuk membuat web yang satu ini. Tentunya bahasa PHP sangat cocok untuk anda yang mulai belajar pemrograman website. Hal ini dikarenakan bahasa PHP sangat mendekati bahasa manusia. Untuk itu, bisa mempercepat proses pemahaman dalam penulisan sintaksnya. PHP sendiri digunakan dalam membuat CMS yang dikenal dengan WordPress. Dari segi performanya, PHP ini masih layak bersaing dengan bahasa pemrograman yang lain. Nah, bahasa pemrograman untuk membuat web yang satu ini digunakan oleh vk.com, WordPress, Wikipedia, dan facebook. 

Baca juga:  Mengenal Jenis Jenis Bahasa Pemrograman

Golang

Ingin mengenal bahasa pemrograman untuk membuat web selanjutnya? Ya, bahasa pemrograman selanjutnya adalah Golang atau disebut juga dengan Go. Golang merupakan bahasa pemrograman yang baru dan dikembangkan oleh Robert Griesemer, Ken Thompson, dan Rob Pike, di tahun 2007. Penciptaan bahasa Go didasari oleh bahasa pemrograman C hingga C++. Sehingga tidaklah mengherankan jika gaya sintaksnya sama. Golang sendiri adalah bahasa pemrograman gratis dan bersifat open-source. Lalu, apa yang membuat bahasa pemrograman ini berbeda dengan yang lain? 

  • Memiliki garbage collector
  • Penulisan yang lebih terstruktur
  • Memiliki sintaks lebih sederhana daripada bahasa pemrograman yang lain
  • Keamanan memori yang terjaga

Dengan beberapa keunggulan yang ditawarkannya, maka jangan lupa untuk lebih mengenal bahasa pemrograman untuk membuat web ini ya!

SQL

Ketika anda membuat sebuah website, tentunya anda akan berjumpa dengan data. Kemudian data yang akan digunakan perlu diakses serta dikelola. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan bahasa SQL atau Structured Query Language. Untuk seorang admin, tentunya SQL akan memungkinkan anda dalam mengakses hingga mengubah database. Dengan bahasa pemrograman untuk membuat web ini, anda pun dapat menjalankan sebuah query hingga mengambil data yang diperlukan. Termasuk dalam memperbarui, menyisipkan data, hingga menghapus sebuah data di database. 

Baca juga:  Ketahui Perkembangan Sejarah Bahasa Pemrograman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *