Penjelasan Apa Itu Internet Marketing dan Konten Marketing

Apa itu Internet marketing merupakan cara marketing yang tergolong lebih mudah daripada marketing konvensional. Internet marketing lebih luwes karena tidak terbatas oleh target pasar. Apapun pasar yang ingin Anda tuju pasti dapat dijangkau oleh internet marketing. Usaha besar maupun kecil juga dapat menggunakan marketing dengan sistem ini, sehingga ini sangatlah fleksibel. Untuk itu perlu dipertanyakan apa itu internet marketing. 

Apa Itu Internet Marketing

Apa itu Internet Marketing?

Kalau dilihat dari kata per kata maka internet marketing memiliki arti pemasaran internet atau pemasaran online. Sedang secara keseluruhan, internet marketing diartikan sebagai prose untuk mempromosikan suatu produk baik berupa barang maupun jasa yang dilakukan melalui internet.

Alat yang digunakan bermacam – macam yang pada intinya mengarahkan masyarakat untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Internet marketing jika ditelaah lebih jauh lagi akan menghasilkan arti yang cukup rumit dan bercabang.

Baca juga:  5 Fakta Manfaat Internet Marketing saat ini

Hal ini dikarenakan internet marketing berhubungan dengan strategi yang digunakan dalam pemasaran yang mencakup konten yang digunakan didalamnya, media sosial yang menjadi penyalur, email, iklan berbayar, lalu lintas search engine dan masih banyak lagi elemen yang berkaitan dengan internet marketing. 

Apa itu Konten Marketing?

Apa itu Konten Marketing?

Selain mengetahui apa itu internet marketing Anda juga harus mengetahui apa yang disebut dengan konten marketing. Kedua istilah ini sangatlah dekat kaitannya.

Keduanya saling mendukung dan berjalan bersama – sama. Konten marketing merupakan internet marketing paling efektif yang digunakan di masa modern ini.

Konten marketing adalah suatu pendekatan pemasaran yang efektif dan strategis guna membuat dan menciptakan serta menyalurkan konten yang menarik, konsisten, relevan, berharga agar selain dapat menarik minat pelanggan juga dapat mempertahankan audiens yang jelas. Intinya adalah konten tersebut haruslah mendorong masyarakat yang melihat untuk memberikan keuntungan pada usaha yang dipasarkan.

Apa Perbedaan Konten Marketing dan Iklan Konvensional?

Apa Perbedaan Konten Marketing dan Iklan Konvensional?

Iklan konvensional saat ini mulai berkurang digantikan dengan konten marketing. Hal ini karena dirasa iklan konvensional sudah tidak lagi berpengaruh untuk menarik minat pelanggan. Yang lebih masuk ke pemasaran yang modern adalah konten marketing. Iklan konvensional lebih fokus pada konsumen yang diarahkan untuk membeli barang atau jasa yang akan dipasarkan. Seperti contohnya iklan yang dipasang di TV, majalah, radio, papan iklan berbentuk banner dan yang lainnya. Iklan yang seperti itu mungkin masih dapat memaksimalkan fungsinya saat diedarkan atau dipasang di tempat dan media yang tepat dan strategis.

Baca juga:  Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Bisnis MLM?

Namun pada faktanya, jika Anda melihat iklan yang dipasang di internet saat Anda menonton video, maka besar kemungkinan Anda menekan tombol “skip” daripada melihat iklan tersebut diputar.

Oleh karenanya perlu dilakukan pendekatan yang berbeda, yang lebih lembut dan mulus. Konten marketing menggunakan pendekatan tersebut dengan cara menggunakan konten yang menginspirasi, mengedukasi, membimbing target pelanggannya. Secara tidak langsung pelanggan akan didorong untuk mencari tahu sendiri dan menggunakannya. Belajar internet marketing sangat perlu untuk dapat membuat konten marketing yang baik dan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *