Apa Itu Bahasa Pemrograman, Fungsi, Dan Contohnya

Bahasa Pemrograman, Fungsi, Dan Contohnya

Pastinya sebagian dari anda pernah menggunakan media sosial, aplikasi ojek online, dan berbagai aplikasi lainnya. Nah, aplikasi-aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apa itu bahasa pemrograman? Yuk cari tahu informasinya berikut ini.

Mengetahui apa itu bahasa pemrograman

Bahasa sendiri adalah alat komunikasi manusia. Tentunya manusia dapat menyampaikan informasi melalui percakapan, baik lisan hingga tulisan. Jika komunikasi antarmanusia sendiri menggunakan bahasa yang berbentuk istilah atau kata-kata, maka agar bisa berkomunikasi dengan perangkat komputer, diperlukan bentuk bahasa yang berbeda, yang disebut dengan bahasa pemrograman. Nah, untuk anda yang ingin belajar bahasa pemrograman dasar, pastinya anda penasaran bukan ingin mengetahui apa itu bahasa pemrograman. 

Ya, bahasa pemrograman merupakan sebuah sistem komunikasi dan tentunya digunakan dalam memberikan perintah kepada perangkat komputer supaya bisa menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman pun terdiri oleh serangkaian aturan sintaks maupun semantik yang digunakan dalam mendefinisikan program komputer. Sistem yang dimilikinya terdiri oleh beberapa tingkatan agar dapat memberikan perintah di setiap peranti, utilitas, hingga aplikasi yang digunakan di pengoperasian komputer.

Baca juga:  Belajar Dasar Tipe Data C++

Fungsi dari bahasa pemrograman

Setelah anda mengetahui apa itu bahasa pemrograman, maka saatnya anda mengetahui apa-apa saja fungsi yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman ini. Pada dasarnya fungsi bahasa pemrograman adalah supaya komputer bisa mengolah data sesuai alur yang sudah dibuat secara sistematis dari penyusunnya. Lebih lanjut lagi bahwa pemrograman akan memudahkan pengoperasian dari sebuah mesin, dengan begitu dapat meringankan pekerjaan manusia. Bahasa pemrograman dapat digunakan dalam membuat perangkat lunak, dan menjadi perintah untuk perangkat keras komputer agar dapat memulainya supaya kemudian bisa dioperasikan oleh pengguna. 

Yuk, ketahui beberapa contoh bahasa pemrograman

Jika anda sudah mengetahui apa itu bahasa pemrograman dan fungsinya, pastinya anda akan bertanya-tanya bukan, contoh dari bahasa pemrograman? Untuk anda yang penasaran, yuk simak contoh bahasa pemrograman yang sangat sering digunakan berikut ini.

  • Java script, adalah bahasa pemrograman yang sangat mudah dikuasai. Tahukah anda apa fungsi dari java script? Ya, fungsinya dalam aplikasi maupun dalam situs web yaitu menambahkan fitur interaktif, dan bermanfaat dalam memvalidasi data hingga formulir yang diterapkan dalam pengembangan sebuah permainan. 
  • PHP, adalah bahasa pemrograman yang perlu dipelajari ketika halaman web tampil secara dinamis. Tentunya mempelajari PHP sangat bermanfaat bagi pemilik situs web karena dapat mempersingkat kode yang terdapat pada halaman situs. Dengan begitu dapat ditampung di seperangkat aturan. Sehingga anda tidak akan dibuat ribet ketika anda bisa memahami tentang PHP ini.
Baca juga:  Contoh Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Itulah beberapa ulasan yang perlu anda ketahui tentang apa itu bahasa pemrograman, fungsi, dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *