Penjelasan Tentang Apa itu API dan Definisinya

Penjelasan Tentang Apa itu API dan Lengkap

Sebelum masuk ke pembahasan Tentang Apa itu API kita basabasi dulu.

Dulu bikin program itu simple pilihannya paling cuman ada desktop dan web belum ada tuh aplikasi mobile cloud computing atau aplikasi IOT dan kalau bikin web itu paling cuman ada Web Designer dan web developer aja dan belum ada juga front end, back End, full stack apalagi devops.

 Jadi semuanya cukup sederhana, tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang 🙂 ini maksudnya Berubah itu gimana? nah jadi kalau di dunia Avatar negara api itu kan memecah-belah, tapi kalau di dunia pemrograman saat ini, API itu justru mempersatukan kita yang membuat kita dapat terhubung satu sama lain.

Jadi istilahnya kita bisa ngobrol dengan aplikasi lain nggak peduli yang bikinnya siapa, bahasa pemrogramannya apa sistem operasinya apa bahkan device, apapun kita nggak peduli, jadi API lah yang bikin kita terkoneksi satu sama lain, Jadi untuk mengetahui apa itu API saat ini sangat penting sekali.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Dengan Konsep Dasar Pemrograman

Saat ini kita akan memulai sebuah pembahasan baru, pembahasannya adalah mengenai bagaimana membuat sebuah REST API tapi nanti di artikel berikutnya, sebelum kita masuk ke sana kita harus paham dulu apa itu API atau application programming interface.

Definisi formal API?

Definisi formal dari API ini saya dapatkan dari Wikipedia, jadi katanya API atau application programming interface itu adalah sekumpulan fungsi subrutin protokol komunikasi atau kakas atau Tools untuk membuat perangkat lunak, definisi nya sangat Global sekali, tapi coba sekarang kita jelaskan dulu mengenai 1 kata yang ada di API ini ya itu interface. 

Apa itu interface?

Interface atau antarmuka ini juga kadang-kadang Kalian salah mengartikannya, kalau misalkan lagi ngomongin antarmuka biasanya yang ada di pikiran kita itu langsung antarmuka aplikasi yang bisa, kita sebagai user asal pencet pilih, kalau web itu ada tombol pada combobox ada radio button, kadang-kadang kita sebut dengan antarmuka tapi lebih dari itu .

Baca juga:  Mengenal Berbagai Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Web

Interface adalah “bagian yang sama antara dua atau lebih komponen terpisah pada sebuah sistem komputer” Jadi terdiri dari dua komponen terpisah, itu merupakan bagian yang sama untuk saling terhubung antara satu dan lainnya. 

contohnya gini deh teman-teman pasti tahu dong hardware dari komputer salah satu hardwarenya yang kita sebut dengan motherboard, motherboard Interface di tiap-tiap slot yang kalian lihat itu adalah antarmuka, kenapa ada antarmukanya supaya kita nggak bingung kalau mau memasang peripheral nya, misalnya saya beli RAM rasa yakin saya nggak akan salah masukin RAM saya ke dalam ada motherboardnya Kenapa karena hanya ada satu interface yang muat. 

Contoh Slot-slot Interface di Motherboard

  1. Slot RAM
  2. Slot Network interface card
  3. Slot audio interface
  4. Port Firewire: Firewire (IEEE 1394b)
  5. Slot PCIe x1
  6. Slot PCIe x16
  7. Slot CPU
  8. Slot Fan Headers
  9. Slot ATX Power
  10. Slot Serial ATA (SATA)
  11. Slot USB
  12. Slot IDE
  13. Slot PCI
  14. Slot AGP
  15. BIOS
  16. Chipset
  17. CMOS Baterai

Jadi slot-slot yang saya sebutin di atas biasa kita sebut dengan interface.

Baca juga:  Dasar-Dasar Java dan Cara menginstal java

Apa itu API?

Jadi API adalah “antarmuka yang didalamnya berupa kumpulan fungsi yang dapat dipanggil oleh program lain”, penerapannya bisa sangat luas salah satunya adalah di dalam bahasa pemrograman, biasanya ada API di dalam library atau Framework juga ada, lalu di dalam sistem operasi dan terakhir ada yang disebut dengan web API atau web service biasanya istilah dari API itu suka ke tukar-tukar.

Jadi yang di maksud kalian mungkin membuat sebuah web service tapi kalian menyebutnya API padahal itu yang umumnya, sedangkan web serice bagian di dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *